Adhi Rela Bangun Monorail Demi ‘Tebus Dosa’

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

Ilustrasi. (Foto: Okezone)
JAKARTA – Setelah mundur dari proyek Mass Rapid Transportation (MRT) PT Adhi Karya Tbk (ADHI) menargetkan pembangunan monorail di Jakarta. Namun, pembangunan monorail ini tidak terlalu menguntungkan bagi ADHI.

Menteri BUMN Dahlan Iskan menuturkan, pengerjaan monorail dengan rute Kuningan-Cawang-Bekasi memiliki nilai investasi sebesar Rp9 triliun. Menurutnya, proyek ini tidak terlalu menguntungkan PT Adhi Karya sebagai BUMN konstruksi.

Meski demikian, Dahlan mengungkapkan dengan margin tipis ini, Adhi Karya telah berkomitmen untuk melakukan pembangunan. Menurut dia, hal ini dilakukan untuk menebus dosa-dosa Adhi Karya setelah sempat terbelit kasus korupsi.

“Ini bisa dibilang penebusan dosa Adhi Karya, bagaimana membangkitkan kembali Adhi Karya. Karena secara komersial tidak terlalu menguntungkan, namun akan membantu Jakarta.”ujar Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis(7/2/2013).

Dahlan menjelaskan, pembangunan monorail rute Kuningan-Cawang-Bekasi sepanjang 52 kilometer ini sebenarnya memiliki investasi yang lebih besar. “Investasinya (sekarang) Rp9 triliun, tadinya Rp15 triliun,” tutur dia.

Di tempat yang sama, Direktur Utama PT Adhi Karya Kiswo Dharmawan menuturkan, kesanggupan tersebut dikarenakan proyek monorail tidak memakan lahan banyak sehingga investasinya tidak terlalu besar. “Karena hanya memasang pilar-pilar atau tiang-tiang,” tukas Kiswo. (mrt)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s