Musim Hujan, Harga Bahan Bangunan Meroket

detail berita

Bahan Bangunan (Foto: wrblogs.blogspot.com)

KARANGANYAR – Musim hujan yang terjadi di beberapa wilayah ternyata memicu kenaikan harga properti. Salah satunya adalah pasar properti di wilayah Surakarta, khususnya di Karanganyar, Jawa Tengah.

Kondisi ini dipicu seiring dengan mahalnya harga beli bahan bangunan, seperti batu bata, genteng, semen, pasir, cat, mengalami kenaikan karena musim hujan.

“Ya rata-rata harganya naik semua, dikarenakan cuaca dan kendala transportasi pengiriman barang sehingga pasokan seret akibatnya harga naik,” jelas Agung, salah satu pengembang Perumahan Puri Khahuripan, kepada Okezone, di Papahan, Tasikmadu, Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (6/2/2013).

Perubahan cuaca, kata Agung juga mengakibatkan harga batu bata, genteng dan sejenisnya ikut naik. Batu bata sebulan lalu masih dihargai Rp270 per balok saat ini sudah Rp450 per balok. Harga batu bata merah terus merayap naik karena faktor curah hujan yang tinggi dan kelangkaan sekam di sentra-sentra batu bata.

“Cat pun mengalami kenaikan dari Rp72 ribu/kaleng saat ini harganya Rp 84 ribu/kaleng. Bahkan harga cat bisa naik lagi dalam beberapa minggu kedepan dikarenakan cat mulai langka pasokannya, sangat seret dalam beberapa minggu ini,” imbuhnya.

Meskipun harga bangunan terus naik tetapi tak menggangu penjualan. Dia mengaku omset per bulan tetap naik, pasalnya diakhir tahun seperti ini banyak orang yang bangun rumah.

“Yang paling banyak itu calon pembeli dari Jakarta yang hendak mencari rumah di daerah, jumlahnya memang tidak sebanyak pertengahan tahun. Tapi mengalami peningkatan,” paparnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s