Pecahkan Rekor, PHE ONWJ Tembus Produksi Minyak 40 Ribu Barel/Hari

Jakarta – PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) berhasil mencapai produksi minyak tertinggi sebesar 40 ribu barel per hari, di sumur minyaknya di Laut Jawa.

“Kita beberapa kali mencetak rekor produksi harian di atas 40.000 barel per hari. Kami sangat bangga dengan prestasi ini karena PHE ONWJ mampu menjawab tantangan bahwa kami bisa menghasilkan produksi tinggi melalui kegiatan operasional yang aman untuk manusia dan lingkungan,” tutur kata Vice President Eksekutif/GM PHE ONWJ Jonly Sinulingga dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/2/2013).

Di 2012, PHE ONWJ juga berhasil menyelesaikan proyek tanpa kehilangan jam kerja (no lost time injury) yakni pengembangan Lapangan baru APNE dan F yang meliputi pembangunan tiga anjungan lepas pantai. Proyek ini dapat menambah produksi gas sebanyak sekitar 110 MMSCFD yang tentu saja dapat mengimbangi penurunan produksi gas yang diakibatkan oleh natural decline. Selain itu, proyek turn around dan seismik sebagai bagian dari upaya mencari cadangan minyak baru merupakan kegiatan yang dilakukan dalam rangka pencapaian target produksi.

“Tantangan ke depan PHE ONWJ akan fokus pada empat strategi obyektif yaitu keselamatan dan keandalan operasi, mempertahankan produksi, menambah cadangan, dan pengembangan sumber daya manusia. Keselamatan dan keandalan operasi ini sangat luas dan meliputi seluruh kegiatan di PHE ONWJ,” tambah Senior Manager HSSE Iwan Jatmika.

Tahun ini ONWJ melakukan investasi US$ 1 miliar yang akan digunakan melakukan pengeboran 20 sumur pengembangan dan 5 sumur eksplorasi.

“Kita akan melakukan pengeboran sebanyak 25 sumur, di antaranya 5 sumur eksplorasi. Kita juga akan melaksanakan pembangunan platform di Lapangan GG, Utara Indramayu dan Lapangan UL. Lalu kami juga akan melakukan pengangkatan 4 platform, 1 flare tripod, bridge/jembatan secara simultan bersamaan dan baru satu-satunya di dunia dan isolasi sumur yang mulai mengalami penurunan (subsidence) di area Lima,” ungkap Jonly.

“Selama kegiatan pengangkatan platform tersebut memang akan ada produksi yang tertahan sementara, sekitar 100 mmscfd (juta kaki kubik) dan 5.000-6.000 barel minyak per hari. Namun produksi akan kembali normal setelah proyek ini selesai,” tandasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s