Orang Indonesia Lebih Suka “Landed House” Ketimbang Apartemen

Ilustrasi perumahan
Jakarta – Warga di Indonesia masih lebih menyukai kepemilikan properti tipe rumah tapak (landed house) ketimbang apartemen karena beberapa alasan: faktor harga, psikologis, sosial, dan budaya.

“Selain karena faktor harga, terdapat pula faktor psikologis, sosial, dan budaya dari orang Indonesia yang masih lebih menyukai rumah tapak yang ada tanahnya,” kata Sales Manager Rumah123.com Meddy H Papinka dalam pemaparan survei properti 2013 di Jakarta, Selasa (12/2).

Survei yang dilangsungkan terhadap 6.117 pengguna situs Rumah123.com di Indonesia antara Desember 2012-Januari 2013 itu mengungkap pula, 64 persen responden di Indonesia masih memilih rumah tapak sebagai properti pilihan.

Menurut General Manager Rumah123.com Andy Roberts, meski mayoritas warga Indonesia lebih memilih rumah tapak, tetapi jumlah mereka yang mencari rumah tapak ternyata menurun dari 73 persen pada survei tahun lalu.

Andy Roberts berpendapat, hal tersebut juga karena semakin pesatnya pertumbuhan apartemen dan semakin mahalnya kenaikan harga tanah pada tahun ini dibandingkan dengan tahun kemarin.

Robeerts juga mengemukakan, masyarakat Indonesia semakin peduli terhadap kepemilikan properti baik sebagai tempat hunian juga sebagai investasi jangka panjang.

“Faktor kunci yang memengaruhi hal tersebut adalah pertumbuhan ekonomi yang baik, pertumbuhan kelas menegah yang pesat dengan daya beli yang terus naik secara signifikan, serta tingkat inflasi yang stabil,” katanya.

Menurut dia, pasar properti Indonesia akan terus berkembang pesat dan hal itu juga terindikasi antara lain dari fenomena banjir di Jakarta yang kerap terjadi ternyata tidak mempengaruhi terhadap minat pembelian properti di Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s