Kepemilikan Properti oleh WNA di RI Cukup Hak Pakai

detail berita

Ilustrasi (Foto: Runi Sari/Okezone)

JAKARTA – Kepemilikan properti bagi warga negara asing (WNA) di Indonesia masih mengundang polemik. Sejumlah pakar properti mengemukakan,  secara hukum tidak ada permasalahan mengenai kepemilikan properti oleh pihak asing tersebut, sebab telah ada hukum yang membatasi, di mana warga negara asing hanya mempunyai hak pakai saja.

“Sebenarnya tidak ada yang perlu dipermasalahkan hanya saja saat ini tidak ada penetrasinya,” ungkap pakar hukum properti, Erwin Kallo saat Debat Terbuka Properti 2013 di Hotel Bidakara, Kamis (14/2/2013).

Dia menambahkan, hal yang perlu diperhatikan yaitu keberpihakan rakyat karena akan terjadi kekhawatiran jika harga tanah akan tidak terkontrol. Maka dari itu diperlukan kontrol dari pemerintah untuk menghadapi hal ini. “Aturannya tidak bermasalah hanya saja aplikasinya yang bermasalah,” ungkapnya.

Sementara itu, Pakar Hukum Universitas Gajah Mada (UGM), Prof Maria pun mengatakan hal senada. Dia mengungkapkan, Indonesia telah memiliki peraturan yang mengatur jika warga negara asing dan badan hukum asing hanya boleh memiliki tanah dengan status hak pakai.

“Tanah hak pakai tersebut dapat sebagai tanggungan di bank. Namun saat ini perbankan banyak yang tidak menerima penanggungan dari tanah dengan status hak pakai,” imbuhnya.

Dia mengatakan, seharusnya pemerintah khususnya Bank Indonesia (BI) memberi edaran kepada bank-bank bahwa tanah dengan status hak pakai dapat digunakan sebagai penanggungan. Karena dia menambahkan jika tanah dengan status hak pakai memiliki nilai layaknya tanah dengan status hak milik.

“Tanah dengan status hak pakai juga punya nilai ekonomis dan juga telah didaftarkan,” ujar Maria.(NJB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s