Indonesia Kekurangan 400 Pilot Setiap Tahunnya

Ilustrasi

Jakarta – Kebutuhan pilot di Indonesia masih terbilang kurang. Saat ini, dari jumlah sekolah penerbangan yang ada, hanya dapat menghasilkan 400 pilot per tahun.

Presiden Federasi Pilot Indonesia (FPI) Captain Hasprinsyah HS mengatakan, sejatinya Indonesia dapat mencetak 800 pilot setiap tahunnya. Saat ini, kenyataan di lapangan, setiap tahun Indonesia hanya dapat mencetak pilot tak lebih dari 400 pilot.

“Setiap tahun kita kurang 400-500 pilot,” ungkap Hasprinsyah saat ditemui di sela acara Memorandum of Understanding antara Badan Pengembangan SDM Perhubungan, Kementerian Perhubungan bersama Federasi Pilot Indonesia di Kantor BPSDM Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Jumat (15/2/2013).

Dia menambahkan, saat ini pemerintah bersama FPI akan meentapkan regulasi atau dorongan agar sekolah-sekolah pilot yang ada dapat secara optimal mencetak pilot paling tidak dalam setahun.

“Flying school yang ada di Indonesia, kita bikin standar-standar. Misalnya masuk 1 Januari, keluar 31 Januari tahun berikutnyan jadi dia bisa terbang,” katanya.

Secara terpisah, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Kementerian Perhubungan, Captain Bobby R Mamahit menjelaskan, saat ini Indonesia memiliki 5000 pilot. Dari jumlah tersebut, sekitar 500 pilot adalah pilot asing.

“Setahu saya ada 500 pilot asing. 4500 pilot Indonesia. Yang paling banyak itu Susi Air itu asing,” katanya.

Dia menambahkan, meski demikian, penambahan pilot asing ini harus diminimalisir. “Tapi tetap. Rasionya jangan samapi pilot Indonesia yang nganggur. Hak indonesia duluan,” jelasnya.

Menurutnya, penambahan pilot asli Indonesia masih banyak dicetak dari sekolah penerbangan milik pemerintah, yang mana dapat mencetak hingga 100 pilot per tahun per sekolah.

“Kalau dari pemerintah itu 100, yang airlines paling 30 pilot,” pungkasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s