2013, Pertumbuhan Bisnis Properti Diprediksi Terhambat?

detail berita

Ilustrasi (Foto: Nur Januarita/Okezone)

JAKARTA – Berdasarkan survei harga properti residensial yang dilakukan Bank Indonesia (BI) dengan responden yang berasal dari kalangan pengembang, diperkirakan pertumbuhan bisnis properti tahun ini akan terhambat. Apa penyebabnya?

Para pengembang properti yang merupakan responden dalam survei ini mencakup 45 pengembang utama di wilayah Jabodebek-Banten dan 215 pengembang di Kantor Bank Indonesia (KBI). Mereka memperkirakan faktor utama yang dapat menghambat pertumbuhan bisnis properti adalah kenaikan harga bahan bangunan (19,39 persen), tingginya suku bunga KPR (18,40 persen), uang muka rumah (16,32 persen), serta perizinan (15,63 persen).

Dari hasil survei ini diperkirakan tekanan kenaikan harga properti residensial pada kuartal I-2013 akan melambat. Secara kuartalan kenaikan indeks harga properti diprediksi melambat 1,21 persen. Di mana tipe rumah kecil diperkirakan akan mengalami kenaikan harga tertinggi yakni sekira 1,87 persen dan Makassar juga diprediksi sebagai wilayah yang mengalami kenaikan harga tertinggi sebesar 4,74 persen.

Jika dibandingakan dengan performa sektor properti tahun lalu, pada kuartal IV-2012, Bank Indonesia mencatat tingkat penjualan penjualan properti residensial mengalami peningkatan sebesar 26,68 persen (qtq) terutama untuk rumah tipe kecil. Peningkatan penjualan terutama terjadi pada rumah tipe kecil yaitu sebesar 41,02 persen (qtq).

Berdasarkan lokasi, Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi dan Banten mengalami penjualan unit rumah tipe kecil tertinggi. Demikian seperti dikutip dalam situs resmi BI, Senin (18/2/2013).

Sementara dari sisi permintaan dan penawaran, properti residensial pada kuartal I-2013 di 14 kota besar diperkirakan cenderung tetap. Hal ini tak lepas dari perkiraan akan adanya kenaikan harga rumah pada tahun ini yang disebabkan beberapa faktor. (NJB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s