Pesona Alam, Nilai Jual Properti di Pulau Dewata

detail berita

Bali (Foto: Reuters)

JAKARTA – Dalam menciptakan suatu desain bangunan, kita dapat mengambil konsep dari alam yang berada di sekitarnya. Cara ini juga dilakukan oleh pengembang PT Crystal Land Development saat mendesain hotelnya di Nusa Dua, Bali, yang terinspirasi dari hutan bakau di sekeliling hotel.

Tim arsitek dan Marketing Communication PT Crystal Land Development, Fidela Maidiana Santosa menuturkan, arsitektur bangunan The Crystal on The Bay di Nusa Dua, Bali, dibuat dengan unsur-unsur hutan bakau, seperti menerapkan pola atau bentuk akar pohon bakau pada fasad bangunan.

“Karena konsep utamanya hutan bakau, maka kami mengambil bentuk ranting-ranting dan akar-akarnya untuk diaplikasikan di fasad utama hotel,” ujar Fidela kepada Okezone, di Hotel Kempinski, Jakarta (16/2/2013).

Dia menambahkan, bentuk-bentuk tersebut dikemas menjadi suatu desain kontemporer. Sedangkan untuk interior hotel didesain dengan konsep kontemporer dan elegan. “Kami menggunakan material kayu-kayu dan batu alam untuk menciptakan interior yang kontemporer sekaligus elegan,” paparnya.

Keunikan yang ditawarkan hotel ini yaitu memiliki pantai bakau sepanjang 100 m yang dilestarikan serta dilindungi oleh Pemerintah Daerah Bali. Keberadaan hotel ini nantinya diharapkan juga dapat mendukung dan ikut melestarikan hutan bakau, Pulau Penyu, dan sebagainya.

Pengembang lain yang juga menjagokan pesona alam yang dimiliki di sekitar proyek hotelnya adalah Twenty One Development. CEO Twenty One Development Roy Sindhunirmala mengungkapkan, proyek kondominium hotel (kondotel) miliknya yang baru diluncurkan, yakni Eden Hotel Benoa di Bali memiliki keunggulan dari segi lokasi.

“Lokasi kami di Benoa pas di tepi pantai. Kita tahu kan saat ini lahan di Bali juga kian terbatas, apalagi yang di tepi pantai. Kami bisa bilang ini kondotel pertama di Indonesia yang punya pantai privat,” ujarnya beberapa waktu lalu. Eden Hotel Benoa Bali akan dioperatori oleh Tauzia Hotel Management sebagai hotel bintang empat dengan pelayanan bintang lima. (NJB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s