Diserang Hacker, Facebook Gandeng FBI?

detail berita

Facebook (Foto: Reuters)

CALIFORNIA – Pasca sistemnya diserang hacker, Facebook dilaporkan mengambil tindakan pengamanan dengan menggandeng Biro Investigasi Federal Amerika Serikat (FBI).

Dilansir dari Bloomberg, Selasa (19/2/2013), sumber yang mengetahui hal tersebut mengatakan, Facebook bekerjasama dengan FBI untuk menyelidiki serangan malwareyang menyusup ke laptop beberapa karyawannya. Beberapa waktu lalu, Facebook mengungkapkan bahwa bulan lalu layanannya telah menjadi sasaran “serangan canggih”hacker, tapi tidak mengatakan asal serangan tersebut.

Sampai saat ini belum ditemukan bukti data pengguna yang menjadi korban serangan cyber tersebut. Sementara itu, mengingat keterlibatan FBI merupakan isu sensitif maka para sumber informasi meminta nama mereka tidak disebutkan.

Facebook mengidentifkasi “zero-day Java exploit” sebagai metode yang digunakan dalam serangan tersebut. Pelaku serangan cyber itu memanfaatkan beberapa kerentanan laptop para karyawan Facebook. Menurut keterangan Facebook, hacker memanfaatkan malware yang menginfeksi laptop karyawannya ketika mereka mengunjungi website developer mobile.

Berdasarkan penelusuran, Facebook yakin bukan hanya perusahaannya yang menjadi korban. “Facebook tidak sendiri dalam serangan ini. Jelas, bahwa baru-baru ini pihak lain juga telah diserang dan disusupi,” ungkap Facebook.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s