Museum Bank Indonesia Dibuka untuk Wisata Malam

Museum Bank Indonesia (Foto:Johan Sompotan)

Museum Bank Indonesia (Foto:Johan Sompotan)

BANK Indonesia, namanya menjadi lekat dengan transaksi dan uang yang kita gunakan. Sudahkah Anda pernah ke museum di dalamnya, yang menceritakan sejarah Bank Indonesia? Ini bisa dilakukan malam hari.

“Ke Museum Bank Indonesia, Anda tak perlu mengeluarkan uang, gratis!,” kata Chandra Murniadi, Direktur Eksekutif Museum Bank Indonesia, ketika ditemui Okezone di Museum Bank Indonesia, Jakarta, baru-baru ini.

Museum Bank Indonesia dibangun dengan harapan membagikan ilmu kepada masyarakat mengenai sejarah Bank Indonesia. “Kami ingin memperlihatkan kepada masyarakat Indonesia, sebab selama ini banyak yang salah tafsir soal Bank Indonesia dengan bank lainnya, padahal Bank Indonesia merupakan sentral,” paparnya.

Museum Bank Indonesia awalnya merupakan bangunan Binnen Hospitaal. Dan sebelum bernama Bank Indonesia, dulunya disebut De Javasche Bank.

Bangunan ini menempati lantai dua, berada tepat di sebelah dalam tembok Batavia. Kawasan Kota dibangun oleh Belanda dahulu kala dan menjadi pelabuhan penting tempat kapal-kapal dagang dari berbagai penjuru dunia berlabuh.

Seiring perkembangan zaman, kegiatan De Javasche Bank semakin banyak. Hampir sekira 80 tahun, kapasitas gedung bekas Binnen Hospital dirasa tak lagi memadai sebagai kantor bank besar.

“Bangunan ini direnovasi sebanyak enam kali, yakni pertama kali di renovasi tahun 1828, 1912, 1922, 1929, 1933, dan terakhir tahun 1935,” tambahnya.

Pada 1953 secara sah De Javasche Bank diganti namanya menjadi Bank Indonesia dan sekira tahun 2000an barulah Bank Indonesia pindah ke kawasan Thamrin. Sementara, Museum Bank Indonesia diresmikan oleh Presiden SBY pada 2009.

Jika ingin berkunjung, Museum Bank Indonesia buka pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB. Namun, bila Anda ingin berwisata malam di Museum Bank Indonesia maka bisa datang pukul 19.00 WIB hingga 22.00 WIB. Wisata malam di Museum Bank Indonesia hanya berlaku pada Februari, April, dan Juni.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s