Manjakan Wisatawan, Panorama Group Luncurkan Bookpanorama.com

General Manager Bookpanorama.com, Hans Tjandra.
General Manager Bookpanorama.com, Hans Tjandra.

Jakarta – Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang mengunjungi ke Indonesia tahun demi tahun semakin meningkat. Tercatat pada 2012 mencapai 8 juta orang, sementara pada 2025 pemerintah telah menargetkan jumlah wisatawan bisa mencapai hingga 20 juta orang.

Sebagai perusahaan penyedia jasa wisata, Panorama Group melihat hal itu sebagai potensi besar. Sementara, sejalan pula dengan semakin tingginya jumlah pengguna internet di Indonesia yang diperkirakan pada 2015 mencapai 26 juta pengguna, maka potensi bisnis e-commerce pun semakin berkembang. Dalam hal itu, salah satu yang jadi primadona adalah situs booking online hotel.

Kini, setelah Rajakamar.com dan Travelicious.co.id, Panorama Group melalui PT Panorama Dotcom pun meluncurkan Bookpanorama.com. Situs ini menawarkan sistem pemesanan hotel online yang menawarkan akomodasi seperti hotel, resort, apartemen, hingga vila dan hostel di seluruh dunia. Chief Executive Officer (CEO) Panorama Group, Budi Tirtawisata mengatakan, dalam peluncuran ini, PT Panorama Dotcom Indonesia menggandeng layanan pemesanan hotel online internasional, Booking.com.

“Situs Bookpanorama.com adalah sistem pemesanan hotel online yang menawarkan akomodasi seperti hotel, resort, apartemen, vila dan properti lainnya di seluruh dunia. Situs ini berbeda dengan situs-situs pemesanan hotel pada umumnya, karena menjamin harganya lebih murah dibanding situs-situs pemesanan hotel lainnya,” kata Budi, dalam acara peluncuran Bookpanorama.com, di Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (19/2).

Yang menarik, situs ini mengusung slogan “Booking Sekarang, Bayar Belakangan”. “(Artinya) Bila pesan pada Bookpanorama.com, maka bayarnya pada saat melakukan check out dari hotel, (atau) setelah tamu menikmati pelayanan hotel yang dipesan,” jelas Budi pula.

Budi menjelaskan, situs Bookpanorama.com akan memanfaatkan portofolio dari kerja sama dengan Booking.com yang tersebar di lebih 270.000 hotel di 179 negara di dunia. Sejumlah hotel di beragam destinasi dalam dan luar negeri dapat ditemukan di sini, seperti di Bali, Jakarta, Medan, Yogyakarta, hingga Sydney, Hong Kong, Bangkok, Singapura, Beijing, Tokyo, dan lain sebagainya.

Masih menurut Budi, Bookpanorama.com juga menawarkan kelebihan lain, seperti jaminan harga termurah, pemesanan yang fleksibel yang bisa mengganti-ganti tanggal, hingga pembatalan pemesanan tanpa dikenakan biaya tambahan.

“Hingga akhir tahun 2012 lalu, Panorama Group mampu mengakomodasi sebanyak 150.000 tamu hotel. Tahun ini ditargetkan mampu meningkat menjadi 200.000 orang tamu hotel,” ungkap Budi pula.

Sementara, General Manager Bookpanorama.com, Hans Tjandra menambahkan, situs baru mereka ini berbeda dengan situs online lainnya. Di mana sesuai dengan tagline-nya, menurut Hans, tamu hotel memang dapat membayar belakangan. Artinya, tamu bisa booking terlebih dahulu, menginap, setelah itu baru membayar pada saat check out di hotelnya.

“Kami punya nilai tambah (lain) yakni sebagai nomor satu memberikan harga hotel paling murah. Website ini juga memberikan banyak kemudahan bagi wisatawan. Jadi, kalau kita sudah pesan kamar, tapi ternyata kita ada pembatalan, kita tidak akan kena charge, karena kami memang belum melakukan pembayaran. Kalau situs lain kan nggak bisa, dan proses untuk refund-nya sangat lama,” terang Hans lagi.

Menurut Hans, selain murah, cara pembayaran langsung di hotel juga lebih aman. Sebab dengan demikian, wisatawan tidak perlu khawatir uangnya hilang, karena baru dibayar saat tiba di hotel, dan bukan sebelumnya.

Keuntungan lainnya dari jaminan harga termurah, menurut Hans pula, adalah pilihan hotel terbanyak, konfirmasi instan, pemesanan fleksibel, adanya 24/7 call center, harga dan kondisi hotel yang transparan tanpa ada yang ditutup-tutupi, serta reward program terbaik.

Pada situs online tersebut juga ditampilkan keseluruhan detail hotel secara lengkap. Dengan demikian, wisatawan bisa mengetahui mulai dari mengenai luasnya kamar, kondisi, hingga keadaan kamar mandi. Informasi dari setiap hotel, mulai dari kelas melati hingga bintang lima, sengaja disajikan lengkap, karena hal itu sangat berguna bagi tamu yang akan menginap.

Sementara itu, guna lebih mendekatkan lagi Panorama dengan masyarakat, artis cantik Sandra Dewi pun dipilih sebagai duta atau brand ambassador Bookpanorama.com. Hal itu dikarenakan wanita serba bisa tersebut memang senang berjalan-jalan, mengunjungi tempat-tempat wisata dan menginap di berbagai hotel.

“Saya senang menjadi brand ambassador Bookpanorama.com yang berada dalam perusahaan besar Panorama Group, dan saya juga suka jalan-jalan. Memang akan lebih mudah semuanya kalau sudah ada persiapan lewat online. Jadi kita bisa melakukan aktivitas lainnya tanpa terganggu untuk jadwal mau liburan,” ungkap Sandra pula di kesempatan itu, sembari tersenyum.

Penulis: H-15/ARS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s