PBB Mahal, PT Pos Rambah Bisnis Properti

detail berita

Ilustrasi, Foto: Runi/Okezone

JAKARTA – PT Pos Indonesia (Persero) berencana mengembangkan bisnis properti. Hal ini dilakukan karena aset PT Pos memiliki aset lahan yang cukup luas tersebar di seluruh Indonesia, namun pemanfaatannya kurang maksimal.

Direktur Ritel dan Properti Pos Indonesia Setyo Riyanto mengatakan, keberadaan aset Pos Indonesia yang tidak termanfaatkan justru malah merugikan karena tidak sebanding dengan pengeluaran untuk perawatannya.

“Di atas tanah yang begitu mahal kita harus bayar pajak bumi bangunan (PBB), telepon, maintanance pekerjaan kita tidak membuat untung di situ,” kata Setyo Riyanto, di Jakarta, Rabu (20/2/2013) malam.

Pos Indonesia akan mengembangkan properti di 60 lokasi yang dimilikinya untuk tahap awal. Pos Indonesia akan membangun mulai dari mal hingga hotel dan apartemen.

Untuk pembangunan properti di 60 wilayah ini, Pos Indonesia telah bekerjasama dengan 39 perusahaan yang terdiri dari perusahaan BUMN dan swasta. “39 perusahaan sedang menyajikan tawaran kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak,” katanya.

Pada April nanti dia optimistis rencana pembangunan properti sudah dimulai dibangun di beberapa wilayah. Sebagai contoh wilayah yang akan dibangun properti di atas lahan Pos Indonesia adalah di Surabaya, Malang, Bandung, Pontianak, dan sebagainya.

“April sudah ada kita pilih 60 lokasi seperti Malang kita akan bangun Malang Super Mal, di Surabaya gerai kopi, kita bangun hotel yang di gedung pos ibu kota, Surabaya kita akan bangun apartemen,” tukas dia.

Meski demikian, Setyo belum bisa menyebutkan berapa anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan apartemen maupun mal tersebut. (nia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s