Setelah Facebook, Giliran Apple yang Diserang Peretas

Pengunjung  berjalan memasuki toko Apple terbesar di Asia  pada pembukaan pertama di Beijing, China. FOTO: EPA/HOW HWEE YOUNG
Pengunjung berjalan memasuki toko Apple terbesar di Asia pada pembukaan pertama di Beijing, China. FOTO: EPA/HOW HWEE YOUNG

Jakarta – Apple Inc mengakui telah menjadi sasaran peretas akhir-akhir ini setelah sejumlah komputer Macintosh para pegawainya diserang oleh virus yang sama dengan virus yang digunakan untuk menyasar Facebook, Jumat pekan lalu (15/2).

Komputer-komputer pegawai Apple itu terkontaminasi virus ketika mereka mengunjungi website untuk para pengembang aplikasi. Virus atau atau program jahat itu yang bersembunyi dalam program berbasis Java pada browser itu tampaknya memang sudah disiapkan untuk menginfeksi komputer-komputer bikinan Apple.

Menurut seorang sumber yang terlibat dalam penyelidikan serangan terhadap Apple itu mengatakan bahwa bukan hanya komputer karyawan Apple saja yang terinfeksi virus itu tetapi juga beberapa perusahaan termasuk perusahaan kontraktor keamanan.

Serangan ini merupakan serangan siber paling besar terhadap komputer-komputer buatan Apple. Para peretas biasanya menyasar komputer-komputer bersistem Windows.

“Ini sungguh serangan yang besar terhaap Macs,” kata sumber yang menolak namanya disebutkan itu.

Sementara menurut Charlie Miller, pakar keamanan komputer-komputer Apple yang menulis buku “Mac Hacker’s Handbook”, serangan itu menunjukkan bahwa para peretas kini kian banyak menginvestasikan sumber daya mereka untuk mempelajari kelemahan komputer-komputer Apple.

Penulis: Liberty Jemadu/BER

Sumber:Reuters

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s