Sewa Kantor di Jakarta Tertinggi se-Asia Pasifik

detail berita

Jakarta, Sumber: night PR

JAKARTA – Jakarta menempati peringkat pertama harga sewa termahal ruang perkantoran maupun tertinggi permintaannya di Asia Pasifik. Buktinya, sepanjang 2012, kawasan Central Business Distric (CBD) mengalami kenaikan harga sewa sebesar 46 persen.

Berdasarkan dengan proyeksi ekonomi yang masih akan tumbuh di atas enam persen pada tahun mendatang, permintaan ruang perkantoran di CBD Jakarta di tahun 2013 diperkirakan masih akan tumbuh positif sekitar 8,5 persen.

“Begitu pula dengan  harga sewa ruang kantor, masih memiliki kemungkinan naik lebih lanjut  yaitu sebesar 10-20 persen walaupun kenaikan ini tidak setinggi tahun sebelumnya,” kata Manager, Research & Advisory, Cushman & Wakefield, Indonesia Nurdin Setyawan, berdasarkan riset “Office Space Across the World 2013” oleh Chusman & Wakefield, Jumat (22/2/2013).

Dia menambahkan, pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat mempengaruhi Asia, karena harga sewa primer perkantoran hanya meningkat tiga persen sepanjang 2012. Walaupun terjadi perlambatan harga sewa di daerah primer di kota Hong Kong dan Tokyo, kedua kota ini tetap menempati peringkat dua dan lima di lokasi perkantoran termahal di dunia, yang memperlihatkan pentingnya kedudukan mereka sebagai pusat sentral bisnis global.

Selain Jakarta, kota yang selanjutnya mengalami lonjakan adalah Beijing. Selama dua tahun terakhir, perkantoran di Beijing mengalami kenaikan harga rental yang sangat tinggi, jatuh satu peringkat ke peringkat ke tujuh dunia karena harga sewa yang tidak berubah selama 12 bulan terakhir.

Surplus ruang perkantoran memberikan pilihan yang lebih banyak bagi para calon penyewa sehingga  menciptakan pasar penyewa di kota tersebut.

Selain itu, Lokasi Connaught Place di New Delhi, India, juga mencatat kenaikan harga sewa yang cukup baik karena sewa ruang kantor primer naik 25 persen di 12 bulan terakhir.  (nia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s