Wisata Unik, Semalam Jadi Gembel di Swedia

Menjadi gembel semalam di Hotel Faktum (Foto: telegraph)

Menjadi gembel semalam di Hotel Faktum (Foto: telegraph)

SWEDIA – Sebuah majalah di Swedia menawarkan pengalaman wisata unik, yaitu semalam hidup ala gembel. Berani coba?

Hotel Faktum di Gothenburg, Swedia, adalah akomodasi yang diluncurkan oleh sebuah majalah di Swedia. Nama “faktum” sebenarnya diambil dari suatu jenis wisata yang membiarkan para turis tidur di jalanan untuk semalam.

Hotel Faktum telah memilih 10 titik di kota tersebut, dimana 3.400 gembel di kota itu biasa berkumpul dan menghabiskan malam. Tempat itulah yang akan menjadi sarana para turis merasakan kehidupan bak gembel dalam semalam.

Tempat yang dipilih adalah taman kota, bekas toilet, trotoar di tepi kanal, dan sudut jembatan. Setiap lokasi digambarkan hotel tersebut sebagai tempat yang penuh kearifan lokal, karena dekat dengan atraksi wisata setempat yang terkenal.

Untuk merasakan hidup susah di jalanan, para turis akan dikenakan biaya sebesar Rp148 ribu per malam. Biaya ini akan disumbangkan untuk Faktum, sebuah koran jalanan yang namanya menjadi inspirasi hotel, serta sumbangan untuk gembel dan anak jalanan.

“Wisata ini untuk mengingatkan turis akan kemiskinan, dan mengajak mereka untuk peduli dengan cara yang unik,” kata Aaron Israelson, pemimpin redaksi majalah Faktum, seperti dikutipTelegraph, Jumat (22/2/2013). “Banyak yang menganggap gembel adalah orang-orang tak berguna yang hanya minum-minum dan mengonsumsi narkoba,” tutupnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s