Singapura Musim Hujan, Liburan di Bandara Changi Saja!

BANDARA bukan sekadar tempat penumpang untuk naik, turun, dan transit dari penerbangan. Lebih dari itu, bandara juga menjadi destinasi wisata, seperti dibuktikan Singapura.

Menurut data Bandara Changi yang dikeluarkan 1 Februari 2013, bandara ini melayani 108 maskapai yang menghubungkan Singapura dengan lebih dari 240 kota di 60 negara di dunia. Setiap pekan, sekira 6.500 jadwal penerbangan beroperasi di Changi, atau sekira satu penerbangan untuk setiap 100 detik. Wow!

Bandara Changi, Singapura, reputasinya sebagai yang terbaik diakui para pelaku pariwisata di dunia. Terbukti, lebih dari 400 penghargaan telah diterima sejak bandara ini dibangun. Sekira 51 juta penumpang sepanjang 2012 telah membuktikannya; fasilitas yang lengkap, kebersihan, dan keteraturan. Ya, Singapura memang menempatkan Bandara Changi sebagai wajahnya hingga senantiasa bersolek dan membuat nyaman wisatawan.

Baru-baru ini, Okezone dan rombongan dari Tiger Airways diajak berkeliling Terminal 2 Bandara Changi oleh Terry Lim, Senior Associate Corporate Communications Changi Airport Group. Dia memperkenalkan bandara kebanggaan warga Singapura seraya menegaskan bahwa Changi tak hanya berfungsi sebagai bandara, tapi juga tujuan wisata. Tak akan membosankan bila menunggu penerbangan selanjutnya selama berjam-jam di sini.

“Kami punya banyak pilihan untuk belanja, produk-produk mewah, makanan, dan produk populer, seperti liquor, parfum, kosmetik, dan sebagainya. Untuk para penggila belanja, setiap tahun kami menggelar Changi Reward Program yang berhadiah jutaan dollar,” katanya sambil menunjuk gerai-gerai di lantai 2.

Sementara, untuk kalangan yang selalu haus gadget terbaru, Terry menambahkan bahwa Changi mempunyai I-Studio. Berbagai produk gadget yang dijual merupakan seri teranyar yang lebih cepat dari keluaran Amerika Serikat.

“Kami selalu yang pertama untuk iPad terbaru, produk-produk Apple, karena zona waktu Singapura lebih cepat dari Amerika. iPad 5, kita yang pertama jual,” ujarnya, bangga.

Untuk si kecil, ada sudut kreatif yang bisa menyalurkan bakat menggambarnya. Fasilitas ini ada di samping Taman Melati.

Secara umum, lantai 2 Terminal 3 Bandara Changi memang lebih ramai karena menyuguhkan gerai-gerai produk bermerek, pun pada sudut layar besar untuk menonton film. Bila ingin menikmati fasilitas lebih nyaman dan cenderung tenang, Anda bisa naik ke lantai 3. Di sini ada transit hotel untuk sewa minimal 3 jam, beberapa lounge, restoran mewah, salon dan spa, gym centre, bioskop mini yang beroperasi 24 jam, gaming room, PS3 game consoles, internet zone, serta sudut musik dan TV lounge.

“Mau ke spa, tarifnya tidak terlalu mahal, tidak seperti anggapan bahwa segala fasilitas yang di bandara mahal sekali. Untuk pijat, misalnya, tarifnya sekitar 89 dollar Singapura. Banyak turis yang melewati penerbangan panjang, lalu transit, kadang ingin merilekskan otot dengan pijat,” jelasnya.

Hanya ingin menyegarkan pandangan? Terminal 2 Bandara Changi mempunyai Taman Bunga Matahari di lantai 3 dan Taman Melati di lantai 2. Seperti ditegaskan Terry, Singapura memproklamirkan diri sebagai Kota Taman (Garden City), karenanya Changi harus turut merepresentasikannya.

“Untuk bioskopi mini, saat penumpang transit selama 7-8 jam, misalnya, mereka tentu perlu rencana untuk bisa melakukan semua kegiatan yang ditawarkan di Changi. Hal baiknya, kami memapangkan jadwal penayangan film. Jadi, kalau film yang ingin ditonton masih lama, mereka bisa makan dulu, belanja, dan sebagainya,” tambahnya.

Sementara untuk bisa berselancar di dunia maya, Changi menyediakan 550 terminal internet, penumpang tinggal mengklik ‘connect’, menyetujui format aggrement, lalu memakainya tanpa password, dan ini berlaku di semua terminalnya. Ada pula WiFi.

Bila ingin menikmati fasilitas lain di dua terminal Changi lainnya, Anda bisa menggunakan Skytrain. Semua terminal terhubung dengan moda transportasi satu ini.

“Setiap terminal di Changi punya karakter berbeda, yang disesuaikan dengan fasilitasnya. Terminal 2 lebih ‘hijau’ karena ada taman, Terminal 3 lebih mewah, Terminal 1 kolam renang, dan sebagainya,” tegasnya.

Seluruh bagian Changi telah Anda eksplorasi, tapi masih ada sisa waktu transit. Nah, ada lagi tawaran menarik dari Changi. Untuk penumpang yang memiliki waktu transit lebih dari 5 jam, nikmati perjalanan dalam Free Singapore Tour. Tur ini akan memakan waktu sekira 2 jam menuju ikon-ikon Singapura, seperti Merlion Park, Chinatown, dan Little India.

Liburan di Singapura memang dimulai dari Changi. Namun, sepertinya berlibur di Changi saja sudah menyenangkan, apalagi Singapura selalu diguyur hujan setiap hari, seperti ketika Okezonebertandang. Dengan semua fasilitas yang telah dimiliki, rencananya Bandara Changi akan memiliki Terminal 4, dan siap beroperasi pada 2017. Beberapa fasilitas di tiga terminal Bandara Changi bisa Anda lihat di galeri foto berikut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s