Fotografer Asing Berhonor Ratusan Juta Kuasai Hotel di Bali

Jumpa pers di sela pengambilan video klip lagu Jaz di Kuta, Bali (Foto: Rohmat/Okezone)

Jumpa pers di sela pengambilan video klip lagu Jaz di Kuta, Bali (Foto: Rohmat/Okezone)

DENPASAR – Proyek-proyek pemotretan di hotel berbintang di Bali masih dikuasai fotografer asing. Mereka mematok tarif ratusan juta rupiah, padahal mengantongi visa berlibur.

Gambaran serbuan fotografer asing yang beroperasi secara ilegal di Indonesia, termasuk di Bali, disampaikan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Produser Photography Indonesia, Erry Wibowo, di Hotel Playa Kuta, Bali, baru-baru ini. Dia menyayangkan, sampai saat ini belum ada ketentuan atau kebijakan lainnya dari pihak berwenang untuk bisa mencegah atau menindak fotografer bule yang mengeruk dolar atau rupiah secara ilegal.

“Di Raja Ampat, Papua, fotografer asing bahkan honornya sampai miliaran rupiah,” katanya di sela pengambilan sebuah video klip lagu Jaz bersama fotografer muda Casco Wibowo.

Dari penelusurannya, di Bali mereka memasang tarif mencapai puluhan ribu dollar atau sekira Rp200 jutaan per proyek pemotretan. Kenyataan tersebut berbeda jauh dengan kondisi yang dialami fotografer lokal yang tarifnya sekira Rp20 jutaan sekali proyek pemotretan.

Kebanyakan hotel berjaringan internasional menggunakan jasa mereka meskipun hanya mengantongi visa berlibur atau sebagai turis. “Hotel-hotel berjaringan internasional ini sering memakai fotografer asing. Bahkan kesannya, mereka tidak boleh ‘disentuh’ fotografer lokal, ini yang memprihatinkan,” tandasnya.

Kenyataannya, mereka yang bekerja tidak memiliki payung hukum jelas justru bisa mengerjakan proyek-proyek foto di Bali yang honornya cukup menggiurkan. Pendek kata, fotografer asing ini meskipun berlibur juga bisa mengeruk potensi pendapatan di bidang fotografi dari kalangan hotel, vila, dan resor berkelas dunia lainnya sehingga keberadaan fotografer lokal kian tersingkir.

Untuk itu, pihaknya berharap pemerintah bisa lebih ketat melakukan pengawasan izin para fotografer profesional asing yang beroperasi di Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s