Google dan Apple “Adu Kuat” Bangun Kantor Mewah

detail berita

Desain Googleplex (Foto: NBBJ/Daily Mail)

CALIFORNIA – Google berencana memperluas bisnisnya dengan membangun kantor baru yang lebih besar dari markas utamanya saat ini di California, AS. Tim arsitek dari perusahaan telah menganalisis data dalam jumlah masif untuk memastikan kelayakan gedung baru yang akan dibangun di kawasan Bayview.

Menerapkan konsep bangunan hijau, Googleplex, sebutan awal markas baru Google ini dirancang dengan memperhitungkan arah matahari terbit dan terbenam, arah angin, atap hijau (green rooftop), hingga sistem kerja bahkan kebiasaan sehari-hari para karyawannya. Hal ini tentu saja dimaksudkan untuk menjamin kenyamanan karyawan lebih daripada sebelumnya.

Seperti dilansir Vanity Fair, yang dikutip Daily Mail, Selasa (26/2/2013), perusahaan internet raksasa ini dikabarkan telah melakukan pencanangan tiang pertama (ground breaking) lahan seluas 10,2 hektare (ha). Desain Googleplex dipercayakan pada perusahaan yang berbasis di Seattle, NBBJ. Markas baru ini terdiri dari sembilan bangunan berbentuk bumerang dengan tinggi maksimal empat lantai.

Menurut ahli sipil David Radcliffe, desain baru kantor Google ini tidak hanya dimulai dari pandangan arsitektural saja tapi dengan sebuah visi tentang pengalaman bekerja yang lebih baik. Ini merupakan pertama kalinya Google membangun gedung perkantorannya sejak awal, di mana sebelumnya mereka hanya memodifikasi ulang bangunan lama yang telah berdiri. Pembangunannya direncanakan rampung pada 2015 mendatang

 

.

Google boleh saja sesumbar kantornya akan menjadi kompleks perkantoran terbesar di Amerika Serikat, namun raksasa teknologi lainnya, yaitu Apple pun sedang membangun markas baru yang tak kalah megahnya di Cupertino, Sillicon Valley, utara California. Desain bangunannya pun dibuat ramah lingkungan dan futuristik, dengan luas 26 ha dan bisa menampung 13 ribu karyawan.

Tak hanya Google dan Apple yang bersaing mendirikan perkantoran canggih dan megah, Facebook pun tak mau kalah. Sebab saat ini perusahaan jejaring sosial terbesar itu membuat satu kawasan “jalan utama” yang di dalamnya terdapat restoran dan fasilitas lainnya di tengah-tengah kantor yang berlokasi di Menlo Park. (NJB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s