Hunian Town House Makin Diminati

JAKARTA – Rumah dengan konsep town house cukup tinggi peminatnya. Hal ini dikarenakan town house dinilai lebih aman, bentuknya modern, dan umumnya berlokasi strategis di perkotaan.


Di zaman modern seperti ini, pertumbuhan properti memang semakin meningkat. Selain rumah tapak, pertumbuhan apartemen juga meningkat, bahkan kini rumah bandar alias town house semakin dicari konsumen. Masyarakat Indonesia terutama yang tinggal di kota besar, seperti Jakarta, memilih town house, alasannya karena lebih aman.

“Memaksimalkan fungsi lahan lantaran harga tanah yang semakin meroket, ini salah satu faktor pendorong tumbuh dan berkembangnya konsep town house. Sebenarnya gaya ini mengadopsi bentuk rumah abad ke-19. Dahulu banyak bentuk rumah yang berderet dan halaman yang luas untuk digunakan bersama,” kata arsitek Rizky Artando.

Konsep town house, idealnya memiliki ketinggian maksimal empat lantai, dan hal ini sangat berbeda dengan apartemen yang memiliki ketinggian lebih dari empat lantai. “Investasi lahan dan penghuni memang lebih sedikit dibandingkan apartemen sehingga privasinya lebih terjaga,” papar Rizky.

Seperti layaknya bisnis apartemen, peluang dan prospek investasi hunian town house juga tak kalah menarik. Selain didukung konsepnya yang dekat dengan pusat perkotaan dan jumlah unit yang minim serta lingkungan yang tidak terlalu luas. Hal menarik lainnya adalah unit rumah town house cukup tinggi peminatnya. Selain lingkungannya yang terjaga, desainnya juga cenderung lebih modern dan selalu berada pada daerah yang strategis di perkotaan.

Selain itu, hunian town house juga bisa sebagai instrumen investasi. Terlebih lagi risiko macet pelaksanaan pembangunannya cenderung lebih kecil dibandingkan pembangunan apartemen. Namun, harga beli awal town house memang mahal karena harga tanah yang sudah semakin tinggi sehingga harga pasar sekundernya tidak akan melambung terlalu jauh seperti investasi di apartemen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s