MNC Media, Tencent & Hillhouse Bangun Basis Internet Indonesia

detail berita

Penandatangan kerjasama antara MNC Media, Tencent & Hillhous (Foto: Andina/Okezone)

JAKARTA – MNC Media, perusahaan media terbesar dan dengan layanan terlengkap di Asia Tenggara, hari ini, Kamis (28/2/2013) mengumumkan kerjasamanya dengan Tencent, sebuah perusahaan penyedia layanan internet terdepan di dunia.

Upaya itu, tidak lain adalah untuk menguatkan pengembangan basis internet di Indonesia. Kerjasama strategis ini difasilitasi oleh Hillhouse, perusahaan yang menangani penanaman modal perusahaan-perusahaan terkemuka di dunia dan berbasis di Asia.

“Tencent adalah perusahaan yang telah sangat dikenal di seluruh dunia dengan teknologi yang unggul dalam menyediakan pengalaman berkomunikasi tercanggih dalam era digital ini,” kata CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo, saat acara Press Conference dan Signing MOU antara MNC Media dan Tencent di MNC Tower, Jakarta, Kamis (28/2/2013).

Perpaduan antara teknologi serta keahlian Tencent dengan keberadaan MNC Media yang signifikan dalam industri media di Indonesia, kata Hary, merupakan jaminan kesuksesan kemitraan tersebut dalam menyongsong pertumbuhan layanan berbasis internet di Indonesia yang kian pesat.

Contohnya adalah WeChat, layanan komunikasi sosial untuk ponsel yang merupakan salah satu produk Tencent, telah berhasil meraih popularitas dengan pesat sejak kehadirannya di Indonesia pertengahan tahun lalu.

“Selain itu, MNC Media juga sangat berterimakasih atas bantuan Hillhouse Capital Management yang memungkinkan terwujudnya kerjasama ini,” jelasnya.

Selanjutnya, dituturkan Hary, dengan joint venture ketiga perusahaan sehingga terwujudnya PT. MNC Tencent, WeChat tidak akan menjadi satu-satunya produk yang akan disuguhkan untuk masyarakat Indonesia. “Kedepannya akan ada produk-produk lain, seperti kami akan kenalkan online game,” tambah Hary.

WeChat merupakan salah satu produk Tencent yang paling populer saat ini yang telah tersedia di Indonesia sejak 2012. Sampai saat ini, layanan komunikasi sosial mobile itu telah memiliki 300 juta pengguna diseluruh dunia. WeChat kompatibel dengan sistem operasi BlackBerry, iOS, Windows Phone, Symbian, dan Android.

President Tencent Martin Lau, menyambut dengan gembira kerjasama ini. “Kemitraan ini kami jalin demi mengembangkan sekaligus menegaskan peran kami dalam bidang teknologi internet maupunmobile internet, serta membuka jalan untuk kehadiran produk dan layanan Tencent di Indonesia di masa depan,” tuturnya.

“Dan joint venture ini akan ciptakan perusahaan internet besar dengan menghadirkan berbagai layananmobile, serta masing-masing kami akan kontribusi dalam hal dana, sumber daya manusia, dan teknologi untuk memastikan join venture ini sukses,” sambung Martin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s