Anggaran AS Dipangkas, Ekonomi RI Terancam Melambat

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

Ilustrasi. (Foto: Okezone)
JAKARTA – Kementarian Keuangan mengatakan pemangkasan anggaran Amerika Serikat (AS) akan berdampak kepada perekonomiannya. Pasalnya ekonomi Negeri Paman Sam tersebut akan turun sekira 50 persen.

“Paling tidak untuk AS kita tadinya optimistis tahun ini AS bisa tumbuh di 2,5-3 persen tapi jika ada pemangkasan ini, kami perkirakan pertumbuhan itu akan terpangkas sampai 50 persen,” kata Menteri Keuangan Agus DW Martowardojo di Kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta, Senin (4/3/2013).

Agus menjelaskan, pemerintah perlu waspadai dan melakukan analisa, kondisi dan potensi ekonomi Indonesia dan mempersiapkan kebijakan-kebijakan yang perlu di respon untuk menjaga sistem keuangan dan ekonomi Indonesia tetap baik.

“saya ingin sampaikan bahwa kita dalam menyiapkan based scenario ekonomi kita, itu tidak memperhitungkan bahwa fiscal cliff dalam pemotongan anggaran di AS terjadi,” kata dia.

Dia mengatakan, AS sebagai negara dengan ekonomi terbesar, jika pertumbuhan ekonominya terpangkas, maka akan mempengaruhi kondisi ekonomi global, termasuk Indonesia.

“Oleh karena itu, ingin kita semua mengawasi dampak daripada pemotongan anggaran AS itu, yang kami yakini berpengaruh kepada pertumbuhan ekonomi AS,” tukas dia. (mrt)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s