Kualitas Cat Oke, Pengaruhi Permintaan Properti

detail berita

Sumber: aneahira

JAKARTA – Pengecatan yang baik dinilai akan menjadi sebuah nilai tambah bagi industri properti. Terlebih jika cat yang digunakan ramah lingkungan dan sudah teruji sehat.

“Bagi industri properti tersedianya bahan cat air akan menjadi nilai lebih dalam memperkuat tawaran produk properti dibanding kompetitornya. Masyarakat tentunya akan lebih memilih rumah atau kantor yang telah teruji sehat dan ramah lingkungan, di samping pertimbangan lokasi dan harga,” kata Direktur PT Bio Industries, Z Arifin Wicaksono, seperti dikutip keteralangan tertulis perusahaan, Senin (4/3/2013).

Hal lain yang juga berpengaruh dalam permintaan properti adalah stabilnya kondisi ekonomi negara dan tumbuhnya kelas menengah mendorong permintaan yang makin tinggi pada sektor properti, baik rumah maupun perkantoran.

Terkait dengan PT Bio Industries, biasanya manufaktur atau pun produsen Indonesia memasarkan dahulu produknya di dalam negeri sebelum go internasional. Langkah sebaliknya justru dilakukan oleh Bio-Industries, perusahaan manufaktur yang khusus mengembangkan produk water based paint and coating (cat air) yang aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan (green chemicals).

Setelah 10 tahun produk Bio Industries digunakan oleh industri furniture dan architecture berorientasi pasar ekspor, maka tahun ini Bio Industries mulai membuka kemungkinan perluasan pasar di dalam negeri dengan mengikuti The International Furniture and Craft Fair Indonesia (IFFINA) di Hall B-100JI Expo Kemayoran Jakarta 11-14 Maret 2013.

Keputusan untuk membuka pasar lokal menurutnya didasarkan pada meluasnya kesadaran masyarakat akan isu-isu kesehatan dan lingkungan. “Potensi pasar domestik sudah terbukti kuat dan besar. Apalagi ditunjang oleh mulai tumbuhnya kesadaran masyarakat akan produk-produk yang aman bagi kesehatan dan sekaligus ramah lingkungan. Saatnya bagi kami untuk memperluas ke pasar domestik,” aku dia.

Lebih jauh dirinya melihat beragam permainan anak yang hadir dipasaran juga patut diwaspadai kandungan catnya. Zat-zat berbahaya bagi kesehatan anak yang terkandung dalam mainan seperti timbal (Pb), merkuri (Hg), cadmium (Cd) dan chromium (Cr).

Semua bahan berbahaya itu terkandung di dalam cat dengan campuran-campuran zat kimia berbahaya. Akibatnya, mainan yang seharusnya menjadi edukasi dan hiburan untuk anak, justru bisa membahayakan kesehatan, menghambat perkembangan  hingga berakibat pada masa depan anak.

Untuk itu Arifin optimis kehadiran produk-produk Bio Industries bisa menjadi solusi bagi industri yang sangat memperhatikan isu kesehatan dan lingkungan. (nia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s