“Pasar Properti Jakarta Ajaib”

detail berita

Jakarta (Foto: Heru H/Okezone)

JAKARTA – Jakarta tidak hanya dikenal sebagai kota metropolitan, tapi juga akrab disebut “kota banjir’ atau “kota macet”. Meskipun mendapat banyak julukan negatif, Jakarta tetaplah Ibu Kota yang  terus berkembang menjadi kota besar dan bersaing dengan kota metropolitan dari negara-negara lain.

Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda mengatakan, walaupun Jakarta memiliki banyak permasalahan, ada satu sisi baik yang bisa diunggulkan, yakni pasar propertinya.

“Pasar properti di Jakarta ini ajaib. Meskipun daerahnya rawan banjir, harga propertinya tidak pernah turun, malah terus naik,” kata Ali saat ditemui di Markting Gallery Capitol Park Residence, Jakarta, Sabtu (2/3/2013).

Dia mencontohkan, daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara, merupakan langganan banjir, namun harga propertinya tetap tinggi dan tidak pernah kehilangan konsumen. Hal ini terjadi karena secara umum, harga properti di Indonesia, khususnya Jakarta, masih rendah dibandingkan kota-kota besar di dunia, terutama Asia.

“Harga properti di sini masih sangat rendah. Di Jakarta apartemen rata-rata dijual Rp25 juta per m2, sementara di Hong Kong Rp85 juta per m2. Jadinya, investor dari luar pun tetap tertarik untuk masuk ke sini karena nilai belinya rendah tapi potensi kenaikan investasinya tinggi,” papar Ali.

Selain itu, lanjut Ali jika dibandingkan dengan negara tetangga, Singapura, tingkat pengembalian keuntungan per tahun (yield) sangat rendah, mencapai satu hingga dua persen, sementara Jakarta saat ini bisa mencapai enam hingga delapan persen.

“Sebab, pasar di sana sudah mapan, dan harga propertinya memang sangat tinggi, beda dengan di sini,” imbuhnya menutup. (NJB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s