The Amazing Hotel, Membidik Pelancong Kelas Menengah

Amazing Hotel, Jakarta

Amazing Hotel, Jakarta (sumber: ISTIMEWA)

Jakarta –  Jakarta punya segudang alternatif penginapan. Ratusan hotel dari segala segmen bercokol di Ibu Kota. Para tamu tinggal pilih, tentu disesuaikan dengan selera dan kocekmasing-masing.

Di Jakarta Selatan, salah satu alternatif yang bisa dijajal kalangan pelancong berbujet ketat adalah The Amazing Hotel. Sekalipun membidik segmen berkocek tidak terlalu tebal, hotel bintang tiga ini mampu memberi pelayanan maksimal yang cukup luar biasa.

The Amazing hotel yang berada di Jalan Palatehan, kawasan sentra bisnis Blok M, Jakarta Selatan, sangat cocok bagi turis kelas menengah baik dari manca negara maupun domestik. Manajemen hotel mematok tarif kamar yang relatif terjangkau bagi kebanyakan orang.

Hotel yang baru merambah Jakarta pada Februari 2013 itu, cukup mendapat respons konsumen. Setidaknya, jika merujuk rerata tingkat hunian (okupansi) yang menyentuh 80 persen per harinya.

Chief Executive Officer (CEO) PT Arifindo Graha Pratama Saiful Arifin mengatakan, kelebihan hotel Amazing karena letaknya sangat strategis di bilangan pusat bisnis. Selain itu, kawasan tersebut juga merupakan pusat pemerintahan Jakarta Selatan. Para tamu juga bisa dengan mudah menuju pusat perbelanjaan dan kuliner di sekitarnya seperti Blok M Plaza dan Seibu.

Dari sisi transportasi, kata dia, angkutan umum di kawasan Blok M beroperasi 24 jam. Hotel yang terletak di depan pintu masuk terminal Blok M itu, memudahkan transportasi para tamu yang hendak bepergian dengan menggunakan angkutan umum. “Semua rute seluruh Jakarta, ada di Blok M ini dan itu 24 jam,” kata Saiful Afifin beberapa waktu lalu.

Turis Asia
Hotel Amazing dibangun oleh PT Arifindo Graha Pratama bekerjasama dengan The Amazing Group. Sengaja memilih kawasan Blok M karena potensi pasarnya cukup besar. Permintaan sangat tinggi, tapi satu sisi lain, hotel kelas bujet di kawasan tersebut masih sangat terbatas jumlahnya.

Saiful Arifin mengatakan, para pelancong yang cukup banyak di kawasan Blok M berasal dari Asia seperti Korea dan Jepang. Mereka membutuhkan penginapan yang nyaman dengan harga terjangkau. “Karena itu, kami berkomitmen meluncurkan The Amazing Hotel, karena permintaan sangat tinggi, tetapi dengan harga terjangkau,” kata Saiful Arifin.

Para wisatawan terbantu oleh kemudahan transportasi untuk menjangkau lokasi obyek-obyek wisata seperti Kota Tua Jakarta, hanya cukup satu kali naik bus Transjakarta. Selain itu, bisa menuju situs budaya Jakarta seperti Situ Babakan dan lainnya.

Bahkan, wisatawan cukup berjalan kaki untuk menjangkau pusat perbelanjaan dengan segudang pilihan di kawasan Blok M, mulai dari yang termurah sampai yang termahal. Kawasan tersebut memang sejak lama terkenal sebagai pusat belanja pakaian, makanan, jajanan, emas, berlian, hiburan film, hingga cafe.

Sementara itu, menurut Direktur Operasional Amazing Hotels Management Teuku Munawarsyah, selain dikunjungi turis asal Korea dan Jepang, Amazing hotel juga banyak disambangi turis lokal.

Kelebihannya dari sisi tarif kamar, sangat terjangkau oleh para wisatawan. Manajemen Amazing membanderol tarif berkisar Rp 400-600 ribuan tergantung tipe kamar yang dipilih. Amazing memiliki tipe kamar superrior, deluxe, junior suite, dan amazing suite.

Saat ini, The Amazing Hotel memiliki 92 kamar yang cukup luks dengan konsep modern, lobby yang cukup luas, serta coffe shop. Selain itu, hotel ini menyediakan tiga ruang pertemuan (meeting room) bagi para tamu yang ingin menggelar pertemuan bisnis.

Munawarsyah menceritakan, salah satu kelebihan Amazing hotel adalah karena seluruh fasilitas, mulai lobby, coffe shoop, hingga meeting room disiapkan dengan lux. Bahkan, kata dia, layanan yang diberikan setara dengan hotel bintang empat. “Amazing yang menerapkan konsep urban dan berpemandangan indah akan menambah suasana kehangatan sendiri,” kata dia.

Ditambah lagi, kata dia, hasil riset bahwa kawasan Blok M ini, ada kebutuhan sekitar 500 kamar setiap harinya. Namun saat ini kamar yang tersedia baru sekitar 300-an. Apalagi, di kawasan Blok M saat ini ada sekitar tiga hotel yang tengah dibangun. Dengan tingkat okupansi sekitar 80 persen.  “Jadi masih ada peluang membangun hotel baru,” kata Arief.

Penulis: IMM/WBP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s