Hotel dengan “Meeting Room” Terlengkap

Kamar Hotel Maqna Gorontalo

Kamar Hotel Maqna Gorontalo (sumber: Istimewa)

Bisnis meeting, insentive, conference, and exhibition (MICE) di Gorontalo, semakin menggeliat. Melihat potensi itu, Prasanthi Hotels & Resort menyodorkan fasilitas meeting roomlengkap di Maqna Hotel Gorontalo. Bahkan, ruang pertemuan itu mampu menampung sekitar 1.250 orang.

Sejak awal, pendirian Hotel Maqna Gorontalo yang dikelola oleh Prasanthi Hotels & Resorts memang ditujukan untuk memenuhi tingginya kebutuhan hotel berstandar bintang tiga dan fasilitas rapat. Target hotel adalah setiap orang yang berbisnis di Gorontalo.

Terletak di pusat kota Gorontalo di Jalan Sultan Botutihe Nomor 88, Maqna Hotel Gorontalo menjadi satu kesatuan dengan kompleks Business Park dan Mall Gorontalo. Kawasan yang terintegrasi ini adalah pusat bisnis tersibuk dengan tingkat kebutuhan meeting room yang tinggi.

“Sejak berdiri, Propinsi Gorontalo masih kekurangan hotel dengan fasilitas ruang pertemuan bisnis yang memadai. Pemilik Maqna Hotel meminta kami untuk melihat potensi hotel bintang tiga dengan fasilitas lima meeting room dan satu ballroom untuk memenuhi kebutuhan itu,” kata Direktur Utama Prasanthi Hotels & Resort Jusuf Sawirin, baru-baru ini.

Selain fasilitas bisnis, kata Jusuf, Maqna Hotel melengkapi diri dengan layanan standar bintang tiga seperti restoran, kolam renang, business center, ruang karaoke, spa, fitness center, dan lainnya. “Sebagai hotel bisnis, kami juga berharap bisa membidik kalangan keluarga dan wisatawan,” jelasnya.

Dari sisi arsitektur, Maqna Hotel Gorontalo mengadopsi gaya modern mininalis yang tengah menjadi tren. Begitu juga dengan interior yang banyak menampilkan dominasi warna abu-abu untuk kesan modern dan diselingi beberapa warna cerah yang menarik.

Fasilitas Kamar

Maqna Hotel Gorontalo menawarkan 176 kamar modern minimalis yang terdiri atas tipe superior, deluxe, junior suite, dan suite rooms. Masing-masing kamar dilengkapi fasilitas standar bintang tiga seperti kasur berkualitas, TV LCD dengan satellite channel, pembuat kopi dan teh, deposit box, IDD Telephone, serta layanan kamar 24 jam.

“Kami membidik para pebisnis sebagai tamu hotel. Untuk wilayah Gorontalo, pangsa pasar kami adalah instansi pemerintahan, korporasi lokal dan nasional, serta para turis atau wisatawan. Namun, yang paling besar adalah pemerintahan,” ujar Jusuf.

Sejak resmi beroperasi pada awal tahun ini, Maqna Hotel Gorontalo menargetkan okupansi sebesar 65 persen untuk tahun pertama. Sedangkan untuk tahun-tahun berikutnya diharapkan bisa mencapai di atas 70 persen. “Kami optimistis bisa menjadi leader dalam hal okupansi dan harga kamar di kawasan ini,” tegas Jusuf.

Sebagai hotel baru, Maqna Hotel Gorontalo berusaha menanamkan citra pelayanan dan fasilitas yang terbaik kepada para tamu. Di samping itu, manajemen hotel juga mengusung ciri khas dan keunikan di Magna Hotel yang tidak ada di tempat lainnya.

Menurut Jusuf, Prasanthi Hotels & Resort menekankan keramahtamahan Indonesia. Keramahtamahan itu harus sesuai dengan daerah di mana hotel berada. “Khusus di Gorontalo kami mengutamakan produksi lokal, yang terlihat dari seragam staf hotel yang memakai sulaman khas Gorontalo,” katanya.

Meskipun demikian, dalam memberikan layanan perhotelan di Maqna Hotel Gorontalo, pihak manajemen menemui sejumlah kendala. Hambatan utama adalah minimnya sumber daya manusia (SDM) atau tenaga kerja di bidang perhotelan yang siap pakai di kawasan timur Indonesia.

Untuk mengatasainya, manajemen Maqna Hotel Gorontalo terus menerus mengadakan pelatihan agar semakin hari semakin baik pelayanan yang diberikan kepada para tamu. “Kami sedang membangun hospitality character kepada seluruh karyawan kami,” kata Jusuf.

“Meeting Room”

Fasilitas ruang pertemuan (meeting room) telah terbukti menjadi kekuatan dan unggulan Maqna Hotel Gorontalo. Secara umum, rangkaian produk banquet menunjang pendapatan di hotel bintang tiga ini. “Meeting room kami sangat sibuk, sehingga mendorong income yang baik bagi produk food and beverage kami,” papar Jusuf.

Maqna Hotel Gorontalo memiliki lima ruang rapat yang masing-masing berkapasitas hingga 50 orang. Meeting room ini cocok untuk acara rapat skala kecil dan menengah bahkan untuk rapat pribadi.

Untuk pertemuan dan seminar skala besar, Maqna Hotel Gorontalo mempunyai ballroom dengan yang bisa mengakomodasi sebanyak 600 orang untuk class room style. Sedangkan jenisstanding party bisa lebih banyak dari itu. Kalangan instansi pemerintahan dan korporat yang mendominasi penggunaan meeting room tersebut.

Masing-masing ruang rapat akan dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung antara lain sound system, alat tulis, speaker, layar besar, dan perlengkapan standar lainnya. “Sebagai sarana pendukung bisnis, sejumlah area publik dan kamar hotel memberikan akses internet berkecepatan tinggi dan gratis untuk semua tamu hotel kami,” ungkap Jusuf.

Maqna Hotel Gorontalo berambisi untuk menancapkan image sebagai hotel dengan fasilitasmeeting terlengkap di Gorontalo. Tak hanya itu, Maqna Hotel juga berupaya menjadi yang terfavorit untuk hotel sekelasnya.

Sementara itu, fasilitas restoran di Maqna Hotel Gorontalo berfungsi sebagai tempat untuk makan pagi, siang, dan malam. Restoran dengan kapasitas 160 tempat duduk itu menyajikan menu-menu masakan khas daerah Gorontalo dan juga kuliner lezat dari wilayah lainnya di Indonesia.

Untuk menyikapi persaingan di Industri perhotelan yang semakin ketat, Prasanthi Hotels and Resort menyikapinya dengan profesional. Meskipun hampir semua standard operating procedure(SOP) hotel sama terutama untuk sekelas bintang tiga, Prasanthi Hotels & Resort mencoba mengedepankan ciri khas.

Prasanthi Hotels & Resort memiliki keunggulan yang sesuai dengan tagline, yakni “Truly Indonesian Hospitality”. Dengan tagline ini, manajemen menerapkan keunikan dan keramahtamahan budaya lokal disetiap daerah di mana hotel tersebut berdiri. “Jadi setiap tamu yang menginap di seluruh hotel yang dikelola oleh Prasanthi akan merasakan sentuhan budaya lokal daerah tersebut, baik dari makanannya, pelayanannya, interiornya, ataupun atmosfernya,” tegasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s