Tabungan Perumahan Rakyat, Angin Segar untuk Pengembang

detail beritaIlustrasi, Sumber: olx.co.id

JAKARTA – Real Estate Indonesia (REI) menyatakan, adanya Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang saat ini sedang digodok, memungkinkan pengembang untuk meningkatkan produksi rumah.

Ketua Umum REI, Setyo Maharso menyebut jika Tapera memang diperuntukkan untuk masyarakat yang tidak memiliki daya beli rumah. Sehingga dengan adanya Tapera, diharapkan masyarakat tersebut bisa memiliki daya beli akan rumah.

“Pengembang bisa bangun rumah untuk mereka,” katanya kepada Okezone di Jakarta, Senin (11/3/2013).

Dia menyebut jika Tapera sebagai akses untuk masyarakat untuk bisa memiliki rumah dengan lebih mudah. “Mereka bisa memanfaatkan Tapera, ini seperti di luar negeri,” imbuh dia.

Sebelumnya, REI mengusulkan iuran Tapera sebesar 1 persen per bulan dari gaji. REI berasumsi jika dari 1 persen tersebut bisa menghasilkan dana sekira Rp25 triliun dalam satu tahun.

Ketua Badan Pertimbangan Organisasi (BPO) REI Teguh Satria mengatakan, jika setiap tahunnya negara bisa menghimpun dana murah mencapai Rp25 triliun, maka sebelum peringatan satu abad Indonesia merdeka, nilai simpanan Tapera bisa mencapai sekira Rp800 triliun.

“Kalau bisa terealisasi seperti itu, maka kami optimistis semua orang bisa memiliki rumah. Bahkan tidak ada lagi backlog 13,6 juta itu,” kata dia beberapa waktu lalu. (nia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s