Pembangunan Hotel di Samping Tugu Kujang Diprotes

Tugu Kujung Bogor (Foto: Endang/Okezone)

Tugu Kujung Bogor (Foto: Endang/Okezone)

BOGOR – Keberadaan simbol perjuangan warga Bogor yakni Tugu Kujang dalam waktu dekat akan tenggelam. Pasalnya keberadaan pembangunan Hotel Amaroossa yang tepat berada di samping Tugu Kujang akan menenggelamkan pusaka milik etnis sunda tersebut. Karena pembangunan hotel tersebut yang diperkirakan 15 lantai akan jauh lebih tinggi dibanding Tugu Kujang.

Hal ini mendapat penolakan dari warga Bogor dan berbagai organisasi yang ada di Bogor.

“Kami sangat tidak setuju dengan adanya pembangunan Hotel Amaroossa, karena ketinggiannya jauh lebih tinggi dari Tugu Kujang,” ujar Opik warga Gunung Batu, Kote Bogor, Selasa (19/3/2013).

Menurutnya dengan keberadaan hotel tersebut, maka keberadaan Tugu Kujang sudah lenyap. Padahal, Kujang merupakan simbol perjuangan warga Bogor. “Ini merupakan penghinaan terhadap warga Bogor, kenapa Pemkot Bogor memberikan izin,” cetus Opik.

Warga lainnya, Erik (36) berkata sama, seharusnya pemerintah tidak mengizinkan pembangunan hotel tepat di sampaing Tugu Kujang dan sebaiknya pembangunan hotelnya jauh dari Tugu Kujang. “Kita tahu setiap perjuangan atau aksi masa selalu di kawasan ini, karena tugu ini merupakan simbol perjuangan, ” katanya.

Selain itu, kata Erik, ketika warga Bogor berada di kawasan Tugu Kujang, maka akan melihat langsung pemandangan indah Gunung Salak, namun keberadaan hotel tersebut akan menghalanginya.

Sekedar diketahui, Tugu Kujang merupakan lambang perjuangan warga Bogor. Tugu Kujang memiliki tinggi 25 meter dan luas lahan 26 x 23. Tugu Kujang didirikan 4 Mei 1982.

Kujang sendiri, merupakan senjata pusaka tradisional etnis sunda yang diyakini memeliki kekuatan gaib. Keanggkeran kujang muncul saat zaman kerajaan pajajaran 14 masehi dimasa pemerintahan Prabu Siliwangi.

Hingga kini, masyarakat Sunda khusunya warga Bogor masih menyakini Kujang merupakan senjata khas dan memiliki nilai sejarah yang tidak boleh dilupakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s