Arsitek Thailand Rancang Pencakar Langit Tahan Kiamat

detail berita

Desain Zero Skyscraper karya Ekkaphon Puekpaiboon (Foto: eVolo)

JAKARTA – Dalam beberapa tahun belakangan kekhawatiran akan datangnya hari kiamat membuat banyak orang berupaya membuat bangunan yang antikiamat. Baru-baru ini arsitek asal Thailand, Ekkaphon Puekpaiboon merancang sebuah gedung pencakar langit yang bisa bertahan saat kiamat datang.

Puekpaiboon merasa dengan persiapan yang tepat, proyek yang dia sebut Skyscraper Zero ini dapat melindungi manusia dari bencana alam yang ekstrim serta mendukung mereka untuk memulai peradaban baru lagi.

“Zero adalah sebuah pencakar langit radikal yang dirancang untuk menjamin kelangsungan hidup umat manusia setelah kehancuran global. Bagaikan kotak P3K, ini akan menjadi titik awal untuk membangun kembali tatanan sosial melalui komunikasi digital dan pertukaran informasi,” ujar Puekpaiboon optimistis, seperti dikutip laman Inhabitat, Selasa (19/3/2013).

Dia menjelaskan, pada intinya Zero adalah sebuah kubah data online. Pemrintah dan organisasi lainnya di seluruh dunia akan dapat mengunggah segala bentuk informasi ke sistem Zero.

“Apapun dianggap penting di sini. Mulai dari kostruksi arsitektural, perencanaan pertanian, catatan ilmiah, terjemahan bahasa, atau bahkan foto keluarga sekalipun. Jika bagian tertentu dari Zero ini hancur, maka data yang telah disimpan tadi tidak akan hilang selama bank memori akan terus terhubung dan berbagi dengan unit Zero lainnya di seluruh dunia,” jelas Puekpaiboon.

Di dalam Zero terdapat bagian cincin hunian yang akan menyediakan perumahan bagi manusia selama kiamat terjadi. Tata letak melingkar dirancang untuk mendorong interaksi dan komunikasi antara sesama penghuni yang bertahan hidup.

Pada bagian atasnya terdapat pusat produksi makanan dan area budi daya benigh-benih tanaman yang berguna untuk kelangsungan hidup di masa depan yang baru. Bagian penting lainnya dari Zero terletak di bagian paling bawah yang mengandung energi panas bumi (geotermal) dan penyaring tanaman air.

Gedung pencakar langit yang tidak biasa ini juga memiliki area lepas yang berisi bahan-bahan penting untuk membangun permukiman di tempat lain di luar lahan tempat Zero berdiri. Dilengkapi pembangkit listrik tenaga surya, alat komunikasi, dan perangkat penting lainnya. Bagian ini ini pun tetap menerus kontak dengan menara induk, memungkinkan dan mendorong pertumbuhan lebih lanjut.

Menurutnya, Zero merupakan sebuah dunia baru yang akan dibuat dengan sangat memanfaatkan akses internet. Namun, dalam sistem kerjanya Zero Skyscraper tidak hanya sekadar mendorong manusia dalam pemanfaatan jejaring sosial. Desain Puekpaiboon tersebut, baru-baru ini memenangkan penghargaan tertinggi di ajang eVolo 2013 Skyscraper Competition.

Sejauh ini belum ada keterangan mengenai lokasi pasti Zero Skyscraper ini akan dibangun. Kita tunggu saja realisasi dari proyek yang terbilang cukup fenomenal ini. (NJB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s