Bedah Kampung DKI Stop Bangun Landed House di Jakarta!

detail berita

Jakarta, Sumber: night PR

JAKARTA – Ide menata perkampungan di Jakarta dinilai menjadi satu resolusi yang baik. Pasalnya, jumlah penduduk di Jakarta yang sudah overload dinilai kian tak terkendali.

Pengamat tata kota, Yayat Supriyatna mengatakan, jika salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan cara merealisasikan pembangunan rumah susun (rusun) di kawasan padat penduduk.

“Ide pak Jokowi sudah bagus. Jadi bisa ada ruang terbuka baru,” katanya saat berbincang denganOkezone di Jakarta, Rabu (20/3/2013).

Menurutnya, hunian vertikal ini menguntungkan. Selain menghemat lahan, memungkinkan sekali untuk dibuat taman serta ruang terbuka hijau (RTH) sebagai fasilitas untuk masyarakat.

“Rumah vertikal, tambah RTH, stop pembangunan landed house,” katanya.

Terkait dengan lahan, permasalah di Jakarta memang tak jauh dari soal itu. Banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bisa membeli lahan baru. Atau menggunakan lahan negara yang belum terpakai. Dengan catatan, lahan tersebut jangan dibangun rumah toko (ruko), tapi murni untuk hunian vertikal serta RTH.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta berencana memperbaiki kampung di Jakarta. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum merealisasikan hal itu.

Menurut Wakil Gubernur (wagub) DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama atau yang biasa disapa Ahok, kriteria yang terpenting yakni kampung tersebut masuk dalam kategori kumuh dan sempit.

“Yang pasti kumuh dan sempit. Kita ingin ada taman bermain dan tempat tinggal yang layak dan yang lebih penting lagi setelah kriterianya ditentukan, masyarakatnya mau, dan itu targetnya mereka yang bikin,” kata Ahok. (nia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s