Bali Harus seperti Singapura

Pantai Kuta, Bali (Foto: Mutya/Okezone)

Pantai Kuta, Bali (Foto: Mutya/Okezone)

JAKARTA – Permasalahan sampah di Bali tak bisa dianggap enteng. Harus ada peraturan tegas untuk menyelesaikannya, dan membuat Bali kembali bersih layaknya Pulau Surga. 

“Seharusnya Bali dibuat peraturan seperti di Singapura saja. Jadi, semua yang membuang sampah sembarangan harus ditindak tegas,” kata Chandra, drummer grup band Pilot, saat berkunjung ke redaksi Okezone di Gedung HighEnd, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Rabu (20/3/2013).

Chandra, yang memang warga Bali, mengakui memang saat ini pantai-pantai di Bali, terutama Kuta, tidak lagi bersih. Sampah-sampah menggunung dan membuat suasananya tidak lagi seperti Pulau Dewata.

“Penyelesaian sampah memang kembali pada diri kita sendiri, harus ingat untuk menjaga lingkungan. Tapi tentunya perlu peraturan pemerintah untuk menindak orang yang membuang sampah sembarangan,” tegasnya.

Dalam ajaran Hindu, yang merupakan agama mayoritas penduduk Bali, ada pula ajaran yang mengajak umatnya untuk menjaga lingkungan. “Makanya, kalau orang Bali yang taat agama, dia pasti tidak mungkin membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Beberapa waktu lalu, Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengungkapkan pernyataan mengejutkan, yang mengatakan dia malu dengan predikat Bali sebagai Pulau Surga. Pasalnya, kondisi saat ini yang ada di Bali justru sebaliknya, yaitu macet dan banyak sampah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s