Dunia Cap India Tidak Aman

Wanita, amankah di India? (Foto: theage)

Wanita, amankah di India? (Foto: theage)

AUSTRALIA – Adanya beberapa kasus penyerangan terhadap perempuan di Indiabelakangan ini menumbuhkan rasa ketakutan yang besar. Ini terutama dirasakan turis perempuan yang ingin berkunjung ke negara tersebut.

Turis asal Denmark, Judith Jensen, mengungkapkan bahwa banyak alasan yang membuatnya merasa tidak nyaman saat berlibur di India. Dia mengatakan tidak berani memberhentikan taksi di tengah jalan, tidak ingin tinggal di hotel sembarangan, dan tidak keluar sama sekali ketika hari sudah gelap.

“Membaca berita mengenai kasus-kasus pemerkosaan di India membuat saya semakin merasa takut di negara tersebut,” kata Jensen yang kini tengah berada di Delhi, seperti dikutip dariTheAge, Kamis (21/3/2013).

Padahal, promosi pariwisata “Incredible India” telah menambah jumlah wisatawan selama satu dekade terakhir menjadi 6,6 juta wisatawan per tahun, meski jumlahnya masih di bawah jumlah kunjungan turis ke China dan Malaysia. Tampaknya, kini usaha menambah jumlah wisatawan itu menjadi sia-sia, karena India telah mendapat cap sebagai destinasi yang tidak aman, terutama untuk perempuan.

Pemerintah India sendiri telah meyakinkan bahwa negaranya tidak berbahaya. Kasus penyerangan tidak sering terjadi, dan kebanyakan wisatawan justru tidak pernah mengalami kejadian tidak mengenakkan.

Namun, kedutaan besar negara lain memberikan travel warning yang meyakinkan warganya selalu berhati-hati di India. Kementerian Luar Negeri Swedia bahkan meminta warganya yang berkunjung ke India untuk pergi dalam grup wisata, dengan pemandu yang legal.

Peringatan sama juga diberikan oleh Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat, Australia, dan Inggris. Negara-negara ini juga meminta warganya ekstra berhati-hati saat berada di India, terkait dengan kasus penyerangan yang terjadi akhir-akhir ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s