Polusi Cahaya di Hong Kong, Salah Satu yang Terburuk di Dunia

 

 

Pemandangan di Pelabuhan Victoria, Hong Kong ketika peringatan Earth Hour 2012 silam.
Pemandangan di Pelabuhan Victoria, Hong Kong ketika peringatan Earth Hour 2012 silam. (sumber: AFP)

Hong Kong – Hong Kong menjadi salah satu kota dengan polusi cahaya paling tinggi di dunia. Tingkat cahaya di kepulauan China itu 1000 kali lebih terang dibandingkan standar global, demikian hasil temuan sejumlah ilmuwan jelang peringatan “Earth Hour” yang akan datang.

Sebuah studi yang digelar oleh Hong Kong University menemukan bahkan menemukan bahwa level cahaya di distrik Tsim Sha Tsui yang terkenal sebagai pusat perbelanjaan 1200 kali lebih besar ketimbang standar kegelapan langit internasional.

Hong Kong mempunyai populasi sebanyak tujuh juta jiwa dan dipenuhi oleh gedung-gedung pencakar langit, serta neon-neon yang menayangkan iklan. Tidak ada hukum di wilayah itu yang mengatur tentang penerangan di luar ruangan.

Hasil penelitian yang dilakukan dengan melakukan lima juta pengukuran di berbagai titik kota itu menunjukkan bahwa polusi cahaya di Hong Kong mengalahkan polusi yang sama di London, Sydney, Tokyo, atau Shanghai.

“Di Hong Kong Anda tidak bisa bepergian di luar pada malam hari tanpa dibutakan oleh semua cahaya yang menyilaukan ini,” kata Jason Pun salah satu peneliti dalam studi tersebut.

“Faktanya semua cahaya ini menunjukkan banyaknya energi yang disia-siakan,” imbuh dia, “Kami harus mengurangi banyaknya penggunaan lampu dan mengaturnya demi masa depan lingkungan.”

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa polusi cahaya bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan pada manusia termasuk di dalamnya insomnia dan sakit kepala.

Penulis: Liberty Jemadu/BER

Sumber:AFP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s