Akhirnya, Indonesia Ikut Kompetisi Barista Tingkat Dunia

detail berita

(Foto: restaurantscostarica)
INDONESIA dikenal sebagai penghasil kopi terbaik di dunia. Namun, prestasi tersebut rupanya tidak selaras dengan kemampuan barista Indonesia di ajang internasional.

Menurut Veronica Herlina, Ketua Panitia Indonesia Barista Competition (IBC), keikutsertaan Indonesia di ajang kompetisi barista internasional sempat menemui beberapa kendala. Alhasil, baru di 2013 ini Indonesia mendapat kesempatan untuk tampil di ajang kompetisi barista tingkat dunia.

“Sejauh ini, Indonesia belum mendapat perhatian, karena bagi negara yang memiliki barista atau peracik kopi, mereka harus benar-benar fokus di bidang kopi,” katanya kepada Okezone di Jakarta, baru-baru ini.

Untuk tampil di ajang tingkat dunia, dia menambahkan, ternyata bukan perkara mudah sebab setiap peserta harus memiliki sertifikat khusus. Penyelenggara World Barista Championship pun harus melihat secara langsung kopi yang dimiliki oleh setiap negara.

“Enggak gampang untuk ikut di ajang dunia karena banyak persyaratan yang harus diikuti, lagipula Indonesia baru fokus sama kopi di beberapa tahun belakangan ini,” lanjutnya.

Diakuinya, kendala lain yang dimiliki Indonesia adalah perkembangan kopi belum sepesat negara luar. Kalangan penggemar kopi tergolong masih sedikit.

“Kopi itu kan baru digemari tahun ini, sementara di luar negeri, kopi sudah dikenal sejak lama,” tutupnya.

Kemarin, ajang IBC baru menggelar eliminasi di Jakarta, hingga 24 Maret 2013 mendatang. Jakarta menjadi kota eliminasi terakhir, dimana sebelumnya sudah digelar di Surabaya, Bali, Yogyakarta, dan Bandung.

Di setiap kota eliminasi dipilih lima pemenang, kecuali Jakarta, yakni 10 peserta karena pesertanyanya lebih banyak. Pemenang pertama berhak mengikuti kompetisi barista tingkat dunia, pemenang kedua berhak mengikuti ajang barista se-Asia Pasifik, sedangkan pemenang ketiga berhak mengikuti ajang barista tingkat ASEAN. (ftr)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s