Indonesia Kebagian Galaxy S4 Prosesor 8 Core


Peluncuran Galaxy S4 (Ist.)

Jakarta – Galaxy S4 diluncurkan Samsung dalam dua versi. Satu memakai prosesor 8 core Exynos Octa 5410 dan satu lagi dengan prosesor quad core 1,9 GHz Krait 300. Nah, Indonesia dilaporkan akan kebagian versi prosesor 8 core.

Galaxy S4 versi 8 core punya nomor seri I9500 sedangkan yang memakai Krait 300 disebut sebagai I9505. Dalam bocoran informasi yang didapat situs SamMobile yang dikutip detiKINET, Jumat (22/3/2013), Indonesia masuk dalam daftar negara yang akan kebagian Galaxy S4 I9500.

Sejatinya, selain kekuatan prosesor, tidak terdapat banyak perbedaan antara Galaxy S4 I9500 dengan I9505. Yang paling utama, S4 9505 mendukung konektivitas 4G LTE, sedangkan S4 I9500 non LTE alias masih 3,5G.

Otomatis, negara yang kebagian Galaxy S4 19505 adalah yang sudah memiliki jaringan infrastruktur LTE. Seperti Kanada, Amerika Serikat, Korea Selatan dan Singapura.

Menarik untuk membahas prosesor Exynos 5 Octa yang memiliki 8 otak tersebut. Namun demikian, prosesor ini tidak murni 8 otak.

Exynos 5 Octa memakai arsitektur dari ARM yang disebut big.LITTLE. Lebih akurat untuk mengatakannya sebagai dua prosesor quad core yang bekerja sesuai kebutuhan daripada sebuah chip dengan 8 core.

Terdapat empat inti prosesor performa tinggi dengan clock speed sampai 1,6 GHz serta empat inti lagi yang lebih efisien powernya, dengan clock speed sampai 1,2 GHz. Masing-masing disebut Cortex A15 dan A7.

ARM mendeskripsikan A15 cocok untuk melakukan tugas berat seperti main game. Sedangkan Cortex A7 ditujukan untuk melakukan tugas yang lebih ringan, seperti operasional ponsel.

Galaxy S4 sendiri akan dipasarkan mulai April mendatang. Penjualannya di Indonesia kemungkinan besar tidak jauh-jauh dari waktu tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s