Pasar Properti China Aman dari Bubble

detail berita

Salah satu konstruksi proyek di China (Foto: Dailymail)

CHINA – Pasar perumahan di negeri tirai bambu diprediksi bergerak atraktif. Penilaian tersebut muncul di tengah santernya kabar bahwa pasar perumahan di China rentan terjadi bubble.

Seorang analis properti di Hongkong, Alan Jin mendesak investor untuk memanfaatkan peluang di tengah kondisi tersebut. “China merupakan satu-satunya pasar perumahan terbaik di dunia jika mengingat imbal hasilnya,” kata dia seperti dikutip CNBC, Jumat (22/3/2013).

Pasar properti di China memang tengah booming, terbukti dari meningkatnya harga hingga 10 kali lipat. Pemerintah China telah berusaha untuk meredam harga di pasar bulan ini dengan cara menstabilkan harga.

Hal tersebut dengan cara pengetatan pajak sebesar 20 persen dari keuntungan penjualan rumah, menaikkan uang muka serta aturan kredit pemilikan rumah (KPR) untuk rumah kedua.

Tetapi menurut Jin, pengembang properti China menikmati pertumbuhan penjualan yang kuat mengingat permintaan yang sehat dari konsumen Cina. Jina juga mengatakan jangan khawatir dengan kondisi saat ini, pasalnya Pengembang properti di China memiliki pangsa pasar yang baik sejak pemerintah memberlakukan pengetatan dalam dua tahun terakhir.

“Mereka dapat mengakses pembiayaan murah kepada bank dan dapat memperoleh tanah murah, semua aman,” tandasnya. (nia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s