Properti Indonesia Bubble, IPW: Bank Dunia Mengada-ngada

detail berita

Ilustrasi, Foto: Runi/Okezone

JAKARTA – Indonesia Property Watch (IPW) menilai jika analisis Bank Dunia yang mengatakan bahwa pasar properti di Indonesia mengalami bubble dan berpotensi untuk meletus, terlalu mengada-ada.

Direktur IPW, Ali Tranghanda mengatakan, pasar properti Indonesia memang mengalami kenaikan yang signifikan dalam tiga tahun terakhir. Terbukti dari pembangunan proyek-proyek properti yang terus melejit. Namun demikian, yang terjadi bukanlah bubble melainkan over value.

“Terdapat perbedaan yang prinsip dalam penyampaian kedua istilah tersebut. Fundamental pasar properti Indonesia sangat berbeda dengan pasar properti di negara lain dan itu yang dilupakan oleh Bank Dunia,” kata Ali, seperti dikutip dari situs IPW, Kamis (21/3/2013).

Dia juga menyebut, yang membedakan pasar properti Indonesia dengan pasar properti di negara lain adalah bahwa pasar properti Indonesia didominasi oleh pasar lokal yang kuat.

Berbeda dengan pasar Singapura, China, dan Vietnam serta negera-negara tetangga lain yang mengalami bubble karena pasar properti lebih banyak dikuasai oleh asing, sehingga ketika terjadi krisis di negara asalnya, maka akan terpengaruh terhadap nilai properti di negara tersebut.

Dia menuturkan, dibukanya kran investasi asing yang besar-besaran di China telah mengakibatkan dampak bubble bagi properti di negara asal. Karena patokan harga yang terjadi adalah patokan harga dengan daya beli dari luar negeri yang berlipat-lipat sehingga pasar lokal tidak dapat membeli. Inilah yang merupakan bubble sebenarnya karena rentang harga yang terjadi sangat tinggi.

“Sekali lagi Indonesia Property Watch tidak setuju dengan pernyataan Bank Dunia yang menyatakan pasar properti Indonesia telah mengalami bubble. Perlu pengamatan yang mendalam dari Bank Dunia terhadap pasar lokal Indonesia, sehingga tidak terbatas dengan data tertulis melainkan karakteristik pasar properti Indonesia yang berbeda jauh dengan negara-negara lain,” tegas Ali. (nia)

Browser anda tidak mendukung iFrame

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s