Punya Polisi Wisata, Indonesia Relatif Aman untuk Turis

(Foto: topworldtourism)

(Foto: topworldtourism)

JAKARTA – India dicap sebagai destinasi tidak aman oleh beberapa negara, terkait dengan pemerkosaan turis Swiss beberapa waktu lalu. Pariwisata Indonesia perlu berkaca dari kejadian tersebut.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Sapta Nirwandar menyatakan bahwa tragedi pemerkosaan seperti di India bisa terjadi di mana saja. “Di Indonesia pernah ada kasus serupa, tapi itu sudah lama sekali,” katanya usai pembukaan Astindo Fair 2013 di JCC, Jakarta, Jumat (22/3/2013).

Menurut Sapta, Indonesia relatif lebih aman bagi wisatawan. “Indonesia kan punya polisi wisata, juga ada informasi wisata yang lengkap,” ujar Sapta.

Sapta menambahkan, salah satu cara untuk menjaga keamanan wisatawan adalah dengan memberikan pengumuman. “Misalnya di mal, umumkan selalu menjaga barang, secara tidak langsung memberikan peringatan kepada pengunjung bahwa tempat itu mungkin banyak copet, tetapi dengan cara yang baik,” tegasnya.

“Yang penting untuk selalu menjaga keselamatan, seperti berhati-hati saat keluar di malam hari,” tukasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, perwakilan luar negeri beberapa negara di dunia, yakni Swedia, Amerika Serikat, Australia, dan Inggris, memberikan peringatan bagi warganya yang berwisata di India untuk ekstra berhati-hati terkait kasus-kasus penyerangan terhadap perempuan akhir-akhir ini di negara tersebut. Secara tak langsung, India dicap sebagai negara tidak aman, terutama untuk wisatawan perempuan.

Ini menyusul tragedi beberapa hari lalu, di mana seorang turis perempuan asal Inggris melompat dari kamarnya di lantai dua karena nyaris diperkosa oleh manajer hotel. Sementara sebelumnya, seorang turis asal Swiss diperkosa di depan suaminya di Madhya Pradesh, India. Kejadiannya saat mereka tengah berkemah di sebuah kompleks kuil. Tenda mereka tiba-tiba diserang oleh gerombolan penjahat yang terdiri dari delapan orang. Gerombolan itu memukuli dan merampas barang-barang yang dimiliki pasangan Swiss itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s