Skandal Dibalik Pembangunan Gedung Tertinggi Ke-2 Dunia

detail berita

Ping’an International Financial Center (Foto: Dok.KPF)

SHENZEN – China saat ini tengah merencanakan pembangunan gedung tertinggi di negaranya, Ping’an International Financial Center. Gedung setinggi 660 meter ini juga akan menjadi yang tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa, Dubai.

Akan tetapi, proyek yang dikembangkan oleh perusahaan Kohn Pederson Fox (KPF) ini tengah menghadapi sejumlah skandal. Pemerintah daerah Shenzen, tempat gedung ini dibangun, pekan lalu melakukan tes uji kelayakan gedung berdasarkan standar industri yang berlaku.

Dari tes yang dilakukan tersebut ditemukan hasil bahwa pihak KPF menggunakan pasir laut berkualitas rendah yang akan dibuat sebagai beton gedung pencakar langit itu. Tak hanya itu, pejabat pemerintah yang melakukan tes serupa pada 15 proyek lainnya yang sedang dikembangkan KPF juga menemukan hasil yang sama.

Meskipun pasir laut, secara biaya lebih rendah dibandingkan pasir sungai, namun menurut uji laboratorium, di dalamnya mengandung campuran garam berbahaya dan klorida yang dapat membuat karat pada baja. Kandungan zat-zat tersebut pada beton dapat mengancam kekohohan struktural sebuah bangunan dari waktu ke waktu.

Seperti dilansir Bloomberg, Jumat (22/3/2013), Biro Konstruksi dan Perumahan Shenzen juga telah menemukan 31 perusahaan yang melanggar aturan industri dan memerintahkan depalan dari mereka untuk menangguhkan bisnis selama satu tahun di kota itu, akibat kesalahan fatal yang sengaja dibuat dan dinilai mengancam keselematan banyak orang. (NJB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s