Pencurian Data Body Shop, Itu ‘Derita’ Nasabah

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

Ilustrasi. (Foto: Okezone)
JAKARTA – Kasus pencurian data lewat Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) saat transaksi pada sebuah merchant produk kecantikan Body Shop merupakan bagian dari risiko yang diterima nasabah atas kenyamanan baru yang difasilitasi oleh perbankan.

Demikian Ketua Persatuan Bank Umum Nasional (Perbanas) Sigit Pramono. Menurut dia, saat kita berbicara tentang kenyamanan nasabah, maka hal tersebut berkaitan dengan risiko baru yang diterima nasabah.

“Hal ini merupakan tanggung jawab nasabah dan tentu saja penyedia (bank) kredit card. Selain itu, mungkin juga ada masalah kekurangannya di penyedia jasanya (merchant),” jelasnya dalam konferensi pers pengumuman top 30 Perusahaan Terbuka berdasarkan ASEAN GC Scorecard, di Hotel Le Meridien, Jakarta, Senin (25/3/2013).

Lebih lanjut dia menjelaskan, kasus tersebut terjadi karena kelengahan dari nasabah itu sendiri. Contohnya nasabah tersebut menghubungi call Center palsu yang sengaja menyamar menjadi kelompok penjahat.

“Di sisi lain, yang perlu kita pahami, semakin cepatnya pertumbuhan teknologi, maka harus diimbangi dengan sosialisasi tentang produk ke nasabah, terutama kepada masyarakat yang tidak terlalu peduli, yang sifatnya mengamankan diri sendiri,” jelasnya.

Menurut dia, siapa yang bertanggung jawab harus benar-benar diteliti, apakah sistemnya yang kurang bagus, atau apakah ini merupakan kelemahan nasabah.

“Kalau kasus ini, saya belum tahu detailnya seperti apa. Namanya kasus, harus ada penelitian. Risiko itu selalu ada, dari sekian miliaran transaksi akan ada kejadian atau kasus yang terjadi,” imbuhnya. (mrt)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s