Renovasi Tepi Sungai Jadi Tempat Nongkrongyang Indah

detail berita

Foto: interiorholic

POLANDIA – Sepanjang sungai di Pozna, Polandia yang pernah terlupakan direnovasi besar-besaran pada musim panas yang lalu. Renovasi dilakukan dengan memanfaatkan kontainer bekas.

Proyek besar-besaran ini dinamakan KontenerArt yang di desain oleh arsitek khusus kontainer. Mereka mengubah elemen kontainer bekas menjadi sebuah kontainer mewah dan dapat digunakan sebagai tempat untuk tidur santai, kursi santai, dan beberapa aktifitas lainnya.

Desainer dari kontainer mewah ini yaitu perusahaan lokal Lina Architekci. Tempat ini memang ditujukan sebagai area hiburan seperti konser musim panas, workshop, pemutaran film, bersosialisasi, hingga bersantai.

Dilansir Inhabitat, Senin (25/3/2013), pada awalnya tepi sungai yang indah ini di sia-sia kan. Kemudian Departemen Kebudayaan dan Warisan Nasional kota Pozna memutuskan untuk mendanai proyek di pinggir pantai untuk di dedikasikan sebagai area seni. Tapi dana yang ada masih terlalu ketat, hingga membuat desainer memanfaatkan elemen bekas seperti kontainer, palet, untuk membuat bar dan area hidup.

Bagaimana jika musim dingin datang? Caranya area tempat duduk di desain tertutup dengan atap dek dan struktur yang ditinggikan. Selain itu, terdapat penambahan ruang studio, workshop desain, ruang fashion, musik, dan beberapa yang lainnya.

Tujuan dari proyek ini adalah memberikan ruang bagi seniman independen di kota dan sebagai tempat mereka berkumpuk dan menciptakan seni yang indah. untuk program musim panas 2012 yang lalu di tempat ini diselenggarakan 35 konser, 60 lokakarya, pemutaran film yang banyak, pertemuan, dan diskusi. (nia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s