Cegah Kebakaran Gedung, RI Bisa Tiru Belanda

detail berita

Jakarta, Sumber: night PR

JAKARTA – Dalam sistem pengelolaan gedung agar terhindar dari kebakaran, Jakarta bisa meniru Belanda. Negeri kincir angin itu mempunyai sistem pemeriksaan yang ketat dengan dibentuknya Kepala Ruang.

“Belanda mempunyai kepala ruang, yang bertanggungjawab untuk pemeriksaan rutin di tiap ruang. Apalagi jika ruangan untuk laboratorium bisa sangat ketat pengamanannya,” ungkap Ahli Tata Kota Tjuk Kuswartojo, saat dihubungi Okezone, Rabu (27/3/2013).

Tjuk mencontohkan, orang yang ditunjuk sebagai kepala ruang di Belanda memiliki standar pendidikan yang cukup tinggi. Mereka yang berpendidikan setingkat profesor biasanya ditunjuk dan dipercaya sebagai kepala ruang.

Selain itu, tambahnya, Indonesia, khususnya Jakarta dapat meniru pembentukan kepala ruang untuk setiap lantai pada bangunan. “Indonesia bisa mencontoh dengan pembentukan kepala ruang per lantai atau mungkin per kelompok. Mereka nantinya yang bertugas untuk selalu memeriksa keamanan ruangan yang ada,” tambahnya.

Sehingga, lanjut dia, sistem kerjasama yang terbentuk ini dapat lebih menjamin gedung-gedung yang ada di Jakarta dapat terhindar dari kebakaran. “Manajemen gedung nanti yang bertanggung jawab untuk instansi gedungnya,” pungkasnya. (nia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s