Chef 4 Negara Siap Tanding Racik Kuliner Nusantara

detail berita

Konfrensi pers Pameran Food & Hotel Indonesia 2013 (Foto:Dewi/Okezone)
KULINER Indonesia kembali akan dikompetisikan melalui ajang Indonesian Salon Culinaire. Acara dua tahunan ini dihelat di Jakarta, setelah dua tahun lalu berlangsung di Bali. Tahun ini, Indonesian Salon Culinary ke-9 mengangkat tema kuliner Indonesia.

“Indonesia Salon Culinaire diadakan dari tahun ke tahun untuk melengkapi dan mengembangkan kuliner Indonesia,” kata Chef Vindex Tengker, Ketua Association Culinary Professional (ACP) Indonesia, pada jumpa pers Pameran Food & Hotel Indonesia 2013 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (2/4/2013).

Dua set menu yang akan diperlombakan adalah lesehan Nusantara dan risjstafel. Di lesehan Nusantara, panitia akan menyediakan area seluas 3X3 meter untuk setiap peserta, sementara peserta akan membawa pernak-pernik lesehan dengan menfokuskan pada satu tema daerah pilihan mereka. Lesehan yang dimaksud adalah lesehan tradisional, seperti di pinggir jalan, dimana dapat berupa meja kecil atau hanya dengan menggelar tikar.

Risjttafel sendiri merupakan cara penyajian makanan yang dibawa oleh beberapa pelayan, biasanya perempuan mengenakan kebaya, awalnya diperkenalkan pada masa kolonial Belanda. Yang menjadi fokus perlombaan adalah bagaimana kuliner Indonesia disajikan dengan gaya makanan yang unik, lengkap dengan menu pembuka, utama, dan penutup.

“Gaya makanannya, bukan cara service-nya, seperti jika makanan Western, yaitu mulai dari appetizer, main course, sampai dessert yang kita display dalam satu tempat. Jadi, ada sekitar 6-7 makanan jadi satu, one complete meal,” sahut Stefu Santoso dari ACP Indonesia.

Yang diperlombakan adalah makanan Indonesia yang bersifat etnik, seperti Jawa Tengah, Yogyakarta, atau mungkin masakan Padang, Surabaya, dan sebagainya dengan satu tema.

Sampai hari ini, peserta yang mendaftar untuk Indonesia Salon Culinary sebanyak 597 chef dari empat negara, yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, dan yang baru bergabung adalah Korea Selatan. Hampir 90 persen peserta berasal dari Indonesia, sementara peserta dari Korea ada 11 chef, Singapura dan Malaysia masing-masing 2 chef.

Selain Indonesia Salon Culinaire, acara kuliner yang akan berlangsung di Pameran Food & Hotel Indonesia 2013, di antaranya the 3rd Indonesia Barista Competition, Wine Master Classes, serta Coffee Seminar dan Workshop. Selain itu, ada pula pameran Food, Hotel, dan Tourism Bali yang akan diikuti oleh sembilan negara yaitu Amerika, Australia, Brasil, Italia, Korea, Singapura, Taiwan, Turki, dan Thailand.

Sementara, untuk pameran dagang sendiri akan mengikutkan 1.421 perusahaan dari 45 negara di dunia selama 4 hari, yakni dari 10-13 April 2013. Acara yang diselenggarakan oleh PT. Pamerindo Indonesia dan didukung oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia ini akan berlangsung di Jakarta Internasional Expo Kemayoran. (ftr)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s