Masalah Listrik, Jero Minta RI Contek China

Menteri ESDM Jero Wacik (Foto: Okezone)

Menteri ESDM Jero Wacik (Foto: Okezone)
JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyarankan agar Indonesia meniru China dalam menyalurkan kelistrikan. Pasalnya negeri tirai bambu tersebut mampu melistriki penduduknya yang berjumlah 1,3 miliar.

“Jika kita bisa meniru China, maka kita tidak sulit melakukannya. Penduduk Indonesia jumlahnya lebih sedikit dari China. Indonesia harus belajar dari China, penduduk kita kan 250 juta rakyat harus dilistriki,” ujar Menteri ESDM Jero Wacik di Jakarta, Rabu (3/4/2013).

Jero menambahkan, ada ajaran yang menyebutkan, tuntutlah ilmu sampai ke negeri China. Karena itu, hal ini sebaiknya dilakukan Indonesia yang harus belajar ke China. “Jadi tidak salah kalau Indonesia belajar juga dari negeri China,” tambahnya.

Sebelumnya, Wood Mckenzie Research memperkirakan jumlah orang kelas menengah Indonesia saat ini ada 45 juta dan akan bertambah menjadi 135 juta dalam 15 tahun ke depan. Hal ini akan membuat kebutuhan listrik semakin meningkat.

Oleh sebab itu Jero meminta PT PLN (persero) untuk terus meningkatkan penyedian pasokan listrik. “Jadi karena itu maka pembangunan listrik tidak boleh pelan-pelan pembangunan listrik harus lari,” tukas dia. (gnm)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s