Hingga Februari, 1,2 Juta Turis Asing Kunjungi Indonesia

Ilustrasi Turis tengah menikmati suasa di pantai Gili Trawangan

Ilustrasi Turis tengah menikmati suasa di pantai Gili Trawangan (sumber: TripAdvisor)

 

Jakarta – Indonesia dikunjungi sebanyak 1.245.194 wisatawan mancanegara (wisman) pada Januari hingga Februari 2013 atau mengalami pertumbuhan signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu mengatakan, sektor pariwisata kembali menunjukkan perkembangan positif meski perekonomian global belum stabil sepenuhnya.

“Jumlah wisman yang berkunjung ke Indonesia mengalami kenaikan, bila dibandingkan Februari 2012 maupun dihitung secara kumulatif,” katanya di Jakarta, Kamis (4/4).

Kunjungan wisman melalui seluruh pintu masuk pada Februari 2013 sebanyak 678.415 wisman, atau mengalami pertumbuhan sebesar 14,5 persen dibandingkan Februari 2012 sebesar 592.502 wisman.

Sementara secara akumulatif kunjungan wisman pada Januari-Februari 2013 sebanyak 1.292.743 wisman atau mengalami pertumbuhan sebesar 3,8 persen dibandingkan Januari-Februari 2012 sebanyak 1.245.194 wisman.

“Menurut analisis kami, kenaikan kunjungan wisman pada Februari 2013 antara lain karena adanya liburan hari raya Imlek yang tahun ini jatuh pada Februari,” katanya.

Hal ini menurut dia bisa dilihat dari naiknya kunjungan wisman yang berasal dari Singapura, Malaysia, Taiwan, China, maupun Hongkong.

 

Penulis: /FER

Sumber:ANT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s