Proyek Menara Tertinggi Tomy Winata Terhambat Masalah Modal

Jakarta – Indonesia akan punya menara tertinggi kelima di dunia bernama Signature Tower. Proyek menara setinggi 638 meter ini masih dalam tahap pencarian modal.

Menurut Presiden Komisaris PT Danayasa Arthatama Tbk (SCBD) Santoso Gunara, proses pembiayaan untuk menara ini cukup rumit sehingga tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat.

“Kita dalam proses persiapan pembiayaan sindikasi yang tentunya cukup rumit, prosesnya satu per satu,” katanya kepada detikFinance, Senin (6/5/2013).

Ia sendiri tidak ingin memberi janji kapan pembangunan menara dengan 111 lantai itu karena masih dalam proses pinjaman yang cukup panjang.

“Jangan saya jadi terikat janji-janji karena seperti saya utarakan, kita dalam proses persiapan pembiayaan sindikasi,” ujarnya.

Menara ini akan jadi bagian Kawasan SCBD (Sudirman Central Business District) yang dikelola oleh Danayasa, sebagian sahamnya dimiliki pengusaha Tomy Winata pemilik Artha Graha Network.

Tomy Winata sendiri tidak mau berkomentar banyak. Menurutnya, rencana pembangunan menara ini masih menunggu izin dari pemerintah.

“Saya sedang di luar kota. Sekarang dalam proses perizinan,” jawab Tomy singkat.

Perkembangan terakhir proyek ini sekitar satu tahun lalu, tepatnya 21 Mei 2012 yang lalu, Danayasa telah menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan MGM Hospitality di Las Vegas, Amerika Serikat.

Atas kerjasama itu gedung tersebut akan dilengkapi hotel super mewah di 20 lantai teratasnya. MGM Hospitality, dengan menggunakan ‘brand’ prestisiusnya yaitu Bellagio Hotel akan mengelola 290 kamar hotel supermewah.

Selain hotel, menara ini juga akan dilengkapi dengan observatory khusus bagi para pengunjung yang akan melihat wilayah Jakarta dari ketinggian. Tak ketinggalan pula akan ada juga restoran sekitar lantai teratas menara ini.

Targetnya proyek ini akan selesai dalam kurun waktu lebih kurang 5 tahun. Besarnya nilai investasi dalam pembangunan Signature Tower ini diperkirakan akan mencapai tidak kurang dari US$ 2 miliar.

Menara ini diperkirakan menjadi menara tertinggi kelima di dunia pada tahun 2020 nanti. Simak di sini untuk menara-menara tertinggi di dunia yang akan rampung di 2020 nanti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s