Sate Kurma, Murah dan Bikin Puas

detail berita

Sate kurma di komplek pertokoan, Pasar Anom, Desa Kolor, Sumenep
SUMENEP – Makanan khas Madura yang paling dikenal hanyalah sate kambing, atau daging ayam saja. Saat bulan puasa, di Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang tak kalah khasnya adalah sate kurma. Makanan ini sangat cocok untuk berbuka puasa.
 
Sate kurma, hanya ada di Sumenep, Madura, Jawa Timur. Tepatnya di sebuah komplek pertokoan, Pasar Anom, Desa Kolor, Sumenep. Hanya di toko ini, sate kurma dibuat. Di bulan puasa ini, Ibu Rabiatul Adawiyah, dibantu ibu dan saudaranya yang lain setiap hari, membuat sate kurma.
 
Sate kurma hanya memerlukan bahan dasar sederhana, yakni Kurma, keju dan mentega. Pertama, biji kurma harus dibuang lalu diganti dengan keju. Setelah itu ditusuk seperti sate. Dalam satu tusuk biasanya terdapat tiga biji kurma.
 
Setelah itu, sate kurma dipanaskan. Namun biar rasanya gurih dan manis, maka kurma sebelumnya harus dipolesi dengan mentega. Proses pemanasan ini hanya dilakukan tiga sampai empat menit. Setelah itu ditusuk.
 
Rabiatul Adawiyah, proses pemanasan sate kurma, tidak jauh berbeda dengan sate pada umumnya, hanya saja memerlukan waktu yang lebih lama. Menurutnya, karena hanya ada di bulan puasa, pesanan sate kurma pun membludak. Apalagi pemesan bukan dari sejumlah warga kepulauan di Sumenep.
 
Hanya dengan uang Rp5 ribu, satu kemasan, yakni sebanyak tiga tusuk sate kurma, sudah ditangan. Tentu saja, karena hanya ada di bulan puasa, sate ini pun sangat menggoda selera. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s