Sederet Sebab Makanan di Pesawat Terasa Hambar

(Foto: Telegraph)

MAKANAN yang disajikan di pesawat seringkali terasa tak sedap dan terlihat tidak membangkitkan selera. Seorang chef terkenal bagi-bagi rahasia mengapa hal ini bisa terjadi.

Menurut Chef Heston Blumental dari Inggris, salah satu penyebab masakan pesawat terasa hambar adalah masalah ketinggian. Saat penerbangan, indra pengecap seseorang tidak dapat bekerja maksimal.

Kelembapan yang rendah di dalam pesawat mampu mengeringkan saluran hidung sehingga melemahkan indra perasa. Pihak maskapai penerbangan kemudian menyiasatinya dengan memberikan banyak bumbu pada masakannya, seperti tumis asin atau kari yang sangat pedas.

Selain masalah dari orangnya sendiri, masalah logistik dan biaya juga jadi penyebab makanan di pesawat tidak sedap. “Pesawat tidak memiliki dapur, jadi makanan harus dimasak sebelum pesawat lepas landas. Masakan ini juga tidak dapat dipanaskan selama penerbangan,” kata Jay Wacker, seorang profesor Universitas Stanford, Inggris.

“Makanan pesawat yang terbaik biasanya ada di Asia, dengan sajian semur atau karinya. Masakan ini juga cukup murah, sayangnya tidak selalu sesuai dengan lidah orang Barat sehingga tak bisa disajikan dalam penerbangan Eropa atau Amerika,” jelas Jay.

Maskapai-maskapai kelas dunia tampaknya menyadari bahwa makanan yang disajikan dalam penerbangan tidak bisa maksimal kelezatannya. Untuk itu, mereka merekrut koki-koki terkenal agar bisa mengatasi masalah tersebut.

Sebagai contoh, Virgin Air, yang mempekerjakan koki selebriti Luke Mangan; Singapore Airlines dengan koki asal Milan, Carlo Cracco; dan British Airways dengan Chef Heston Blumenthal yang terkenal.

Sayangnya, masakan koki-koki terkenal ini hanya bisa dirasakan oleh penumpang kelas pertama. Penumpang kelas pertama maskapai Emirates, misalnya, bisa mencicipi sajian lobster, caviar Iran, dan daging bebek sementara penumpang kelas ekonomi hanya mendapat salad dan ayam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s