Kunafa, Menu Sehat Warga Mesir Saat Sahur

detail berita

Kunafa
UMAT Muslim di dunia tengah menjalankan ibadah puasa sepanjang Ramadan. Umumnya, negara tersebut memiliki hidangan berbuka yang khas, juga menu sahur yang tidak kalah unik.

Masyarakat Indonesia biasa menyantap sahur dengan hidangan yang mengeyangkan dan komplet. Masyarakat Mesir justru sebaliknya, menganggap sahur layaknya sarapan.

Negeri Piramida ini biasa menyantap kacang-kacangan kering dan yoghurt tawar saat sahur. Satu menu yang tidak terlewat saat sahur adalah kunafa yang disiram susu. Menu ini layaknya menu sarapan di beberapa negara di dunia, yakni seperti saat Anda menyiram sereal dengan susu cair.

Kunafa merupakan kue yang terbuat dari gandum lalu dibentuk seperti bihun. Kinafa biasa dibuat dengan campuran kacang-kacangan, kismis, gula, dan madu. Hidangan ini sangat sehat karena minim pengolahan dengan minyak goreng.

“Masyarakat Mesir tidak menyantap hidangan utama saat sahur,” kata Waala Madany, Sous Chef Mandarin Oriental Hotel, yang didatangkan khusus dari Mesir selama Ramadhan.

Sementara untuk berbuka puasa, menunya hampir sama dengan tradisi Muslim di dunia, yakni menyantap kurma. Namun uniknya, mereka menyandingkan kurma bukan dengan minuman manis menyegarkan melainkan minuman asam.

“Ketika berbuka puasa, masyarakat Mesir biasanya menyantap kurma dan jus lemon. Lemon yang diberi air dan gula, atau jus jeruk,” lanjut Chef yang telah 13 tahun bergelut di dunia food and beverages ini.

Hidangan utama biasa disantap saat berbuka puasa. Masyarakat Mesir biasanya menyantap hidangan dari olahan daging sapi dan ayam. Kebanyakan dari mereka mengolah bahan protein hewani ini dalam bentuk rebusan atau tumisan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s