Minuman Tin Pemulih Stamina Usai Puasa

detail berita

GRESIK – Selama puasa, tubuh sebisa mungkin mengasup makanan dan minuman sehat. Sudahkah Anda mencoba minuman tin?
Tin atau ara (ficus  auriculata) merupakan jenis tumbuhan asal Asia Barat  yang kini mulai dibudidayakan dan dapat tumbuh subur di wilayah Gresik, Jawa Timur. Selain buahnya memiliki beragam khasiat, daun tumbuhan tin juga dapat dimanfaatkan menjadi minuman kesegaran yang dapat  memulikan stamina saat berbuka puasa.

Inilah tumbuhan tin atau ara, yang menempati lahan seluas dua hektare. Tanaman ini turut dibudidayakan Muhammad Nasir, warga Desa Sidowungu, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Meski baru menjalani tahap uji coba selama 10 bulan, tin ternyata dapat tumbuh subur dan mampu memberikan nilai ekonomis. Perawatan tumbuhan tin sama dengan tumbuhan budidaya lain, yakni rajin menyuplai air, membungkus buahnya, juga rajin memetik daunnya.

Pemetikan daun tin perlu rajin dilakukan karena semakin sering daun tuanya dipetik, maka proses pembuahannya akan semakin cepat. Usai dipetik, daun daun tin tidak dibuang sia-sia karena dapat dimanfaatkan menjadi minuman yang berkhasiat menyembuhkan beragam penyakit, di antaranya diabetes.

“Saya yakin jenis tumbuhan tin dapat tumbuh subur di tempat manapun, sesuai dalam Al Qur’an surah At-Tin ayat 95,” kata Muhammad Nasir, pembudidaya tumbuhan tin.

Meskipun belum pernah memanen buahnya, pelopor budidaya tumbuhan tin di Gresik ini mulai memproduksi minuman daun tin untuk memenuhi permintaan keluarga dan kenalannya dari Gresik maupun kota lain di sekitarnya.

“Minuman daun tin tidak sekadar menyehatkan, juga menyegarkan sehingga menambah sempurna menu buka puasa,” kata Ima, penikmat minuman tin.

Proses pembuatan minuman tin dimulai dengan meniriskan getah daun tin yang sudah tua, usai dipetik. Setelah daun dibersihkan dengan air kemudian jemur di bawah terik matahari hingga kering.

Daun tin yang sudah kering selanjutnya dihancurkan dengan cara diremas dan bagian urat daun yang tidak hancur dibuang. Bagian daun yang kering dan hancur siap dijadikan minuman untuk pendamping makan layaknya minum teh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s