Dengan PLTU, Listrik di Lombok Tak Lagi Gunakan BBM

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Lombok Timur 1×25 megawatt (mw) nantinya akan menggantikan fungsi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di wilayah lombok yang selama ini menjadi dominan.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Nur Pamudji mengungkapkan, pembangunan ini dilakukan untuk menghilangkan pembangkit listrik tenaga diesel. Menurutnya, saat ini PLN tengah membangun transmisi tinggi dari wilayah Jeranjang ke kota Mataram dan dari Jeranjang ke Lombok Timur.

“Saat ini sedang membangun ke arah timur sana, ke Selong muter ke arah utara, jadi Lombok akan dikelilingi transmisi,” ungkap Nur di kantor PLN Pusat, Jakarta, Jumat (19/7/2013).

Dia menjelaskan, untuk pembangunan transmisi interkoneksi wilayah Lombok ini akan menggunakan tiga unit PLTU. Dan ditargetkan interkoneksi wilayah Lombok terealisasi 2016.

“Kan sudah ada satu PLTU di Lombok namanya Jeranjang satu unit. Nanti akan ada dua unit lagi tahun ini lagi di testing. Jadi akan ada tiga unit 3×25 mw,” tambahnya.

Menurut Nur, apabila interkoneksi ini berhasil, maka di wilayah Lombok dan sekitarnya akan terang benderang dengan menggunakan PLTU. Saat ini, wilayah Lombok masih menggunakan PLTD dengan kapasitas yang kecil tersebar di wilayah Lombok serta kota Mataram.

“Dulu memang daerah sana rendah konsumsi listriknya, makanya sekarang mau dibangun. Kan sekarang sudah ada bandara, hotel, sarana publik lainnya, jadi membutuhkan listrik,” tukas dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s